Kategori
Berkebun

Tips Menanam Kiwi Dalam Polybag/Pot

Tips Menanam Kiwi Dalam Polybag/Pot

Tips Menanam Kiwi Dalam Polybag/Pot – Buah kiwi yang normal berbentuk oval, kira-kira sebesar telur ayam. Kulit berwarna hijau-kecokelatan dan daging buah berwarna hijau terang atau keemasan dengan biji kecil, hitam, dan bisa dimakan.

Tekstur buah ini sangat halus dan rasanya yang unik, saat ini buah kiwi sudah ditanam di berbagai negara.

Buah kiwi kaya akan serat, daripada itu kiwi mempunyai kandungan anti oksidan yang tinggi pada kulit buahnya, kadar antioksidan di kulit kiwi tersebut lebih tinggi tiga kali lebih banyak daripada daging buahnya.

Antioksidan di kulit tersebut mempunyai manfaat, diantaranya anti kanker, anti peradangan, anti alergen serta bisa melawan bakteri Staphylococcus dan E-coli yang bisa membuat manusia keracunan makanan.

Daripada itu, buah kiwi bisa menurunkan tekanan darah tinggi sebab adanya ion potasium pada buah kiwi. Berikut cara menanam Kiwi dalam Pot atau Polybag.

Pembibitan Buah Kiwi

Cara memperoleh bibit buah kiwi bisa dilakukan dengan cara menyemaikan biji buah kiwi yang telah dikeringkan sebelumnya.

Rendam biji kiwi selama sekitar 4 sampai 6 jam kemudian keringkan dengan memakai lap. Sesudah itu, simpan biji kiwi dan bungkus dengan tisu atau kapas dengan lama waktu semalaman.

Lalu keluarkan biji kiwi kemudian sebarkan dengan merata diatas media tanah humus selama sekitar 10 hari sampai daun kecambah mulai tumbuh.

Hindarkan penyemaian dari paparan sinar matahari secara langsung, sehingga baiknya penyemaian diletakkan dalam ruangan tanpa cahaya matahari supaya proses pertumbuhan kecambah lebih cepat. Sesudah bibit berdaun, bibit bisa dipindah tanamkan ke pot atau polibag tanam.

Cara Menanam Kiwi Dalam Pot

Sesudah bibit berdaun lalu segera lakukan penanaman. Sediakan polybag atau Pot dengan ukuran sesuai dengan bibit yang akan ditanam.

Kemudian masukkan campuran tanah humus dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1 dan sedikit air. Sesudah itu, masukkan media tanam dalam pot atau polybag tanam tersebut sampai setengah tinggi polybag atau pot.

Lalu masukkan bibit kiwi dan tambahkan media tanam lagi sampai penuh. Taruh tabulampot kiwi tersebut di tempat yang sejuk.

Cara Merawat Kiwi Dalam Pot

Lakukan pemupukan pada tanaman atau pohon kiwi dengan memakai pupuk kandang atau pupuk kompos dengan rutin yaitu sebanyak 3 sampai 4 kali sampai pohon kiwi mencapai ketinggian sekitar 1 meter, bila sudah lebih pemupukan bisa dikurangi menjadi 2 kali seminggu.

Penyiraman juga harus dilakukan dengan rutin, akan leih baik bila penyiraman dilakukan dengan air yang dicampurkan dengan air cucian beras dengan perbandingan 4:1.

Penyiraman tersebut bisa dilakukan 2 kali sehari. Apabila tanaman atau pohon kiwi telah semakin besar dan dirasa pot sudah tidak cukup untuk pertumbuhannya, segera lakukan pergantian pot dengan ukuran yang lebih besar.

Jika tanaman telah mulai merambat, buatlah ajir untuk media merambat sulur tanaman kiwi.

Masa Panen Kiwi

Buah kiwi bisa dipanen 3 sampai 4 bulan sesudah penanaman tergantung kondisi cuaca dan perkembangan tanaman. Proses panen buah kiwi bisa dilakukan dengan memotong tangkai buah memakai gunting supaya tidak merusak tanaman buah.