Kategori
Berkebun

Tips Menanam Hidroponik Pakai Botol Bekas

Hidroponik Botol Bekas – Saat ini sistem hidroponik menjadi salah satu alternatif cara untuk menanam yang sangat praktis. Dimana teknik Hidroponik ini sendiri tidak memerlukan tanah dan lahan yang luas sehingga bisa kamu terapkan dengan mudah untuk berkebun di rumah.

Baca Juga: Beberapa Metode Berkebun Hidroponik Dengan Mudah Untuk Pemula

Cara mudah untuk menanam hidroponik dapat dilakukan dengan memanfaatkan barang-barang yang ada seperti contohnya botol bekas ataupun kain yang sudah tidak terpakai. Bila biasanya hidroponik dilakukan di rumah kaca dengan medium air berisi zat hara. Hidroponik juga ternyata bisa dimodifikasi menggunakan botol bekas.

Hidroponik dengan menggunakan botol bekas dapat dilakukan untuk menanam aneka tumbuhan dan sayur-sayuran seperti kangkung, selada, dan sawi.

Berikut cara mudah menanam hidroponik dengan botol bekas.

1. Siapkan Botol Bekas

Siapkan botol bekas. Lalu, potong botol menjadi dua. Tempatkan bagian tutup botol ke dalam bagian bawah botol. Posisi tutup botol akan tampak terbalik.

Botol bagian atas akan menjadi tempat media tanam sedangkan botol di bagian bawah menjadi tempat air yang bernutrisi atau berisi zat hara.

2. Hubungkan Kedua Bagian Botol

Hubungkan kedua bagian botol tersebut dengan menggunakan kain. Kain yang digunakan dapat berupa sumbu kompor. Jika tidak memiliki sumbu kompor dapat menggunakan kaus kaki yang tidak terpakai atau kain flanel yang dipotong seukuran sumbu kompor.

Bolongi bagian tutup botol yang cukup untuk dilewati kain sehingga kain dapat menjuntai kebagian bawah botol. Dikutip dari Home Guides, kain berfungsi untuk menghubungkan nutrisi air dengan media tanam.

3. Mengisi Air Zat hara

Setelah semua sistem dapat beroperasi, tuangkan air berzat hara pada bagian bawah botol sebelum batas menyentuh tutup botol yang terbalik. Air berzat hara adalah air bernutrisi tinggi yang mengandung mineral yang dibutuhkan tanaman untuk berfotosintesis.

4. Siapkan Media Tanam

Siapkan media tanam pada botol yang terbalik. Isi dengan bibit tanaman atau sayuran. Media tanam hidroponik dapat berupa sekam bakar, rockwool, atau cocopeat.

5. Ganti Air Ber Zat Hara Secara Rutin

Air berzat hara akan menyusut perlahan karena digunakan oleh tumbuhan. Setelah air menipis ganti dengan air yang baru.

Tempatkan pula media tanam dengan lokasi yang sesuai tergantung kebutuhan akan matahari. Beberapa tanaman membutuhkan lebih banyak sinar matahari, sedangkan yang lainnya hanya perlu sedikit sinar matahari.

Baca Juga: 4 Cara Berkebun Di Halaman Rumah Sempit

Itulah tadi beberapa cara mudah menanam tanaman hidroponik dengan botol bekas. Semoga dengan artikel diatas bisa menambah informasi dan wawasan untuk kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *