Kategori
Berkebun

Tips Berkebun Strawberry Di Waktu Senggang

Tips Mengisi Waktu Senggang dengan Berkebun Strawberry

Tips Berkebun Strawberry Di Waktu Senggang – Menanam stroberi tidak harus dilakukan di lahan yang luas, tapi bisa juga di lahan yang sempit dengan menggunakan polybag atau pot. Menanam stroberi dalam pot, tidak hanya dijadikan penyalur hobi, tetapi bisa dikembangkan dalam skala komersial.

Strawberry adalah Buah yang mempunyai aroma dan rasa yang khas. Jadi tidak heran jika buah ini sering digunakan sebagai perasa dalam makanan dan minuman. Rasa buah strawberry antara asam dan manis (terkadang rasa asamnya jauh lebih menyengat ketimbang manisnya). Jadi memang pembudidayaan buah strawberry harus di perhatikan lingkungannya. Untuk mendapatkan rasa strawberry yang benar-benar manis, buahnya berwarna merah cerah dan banyak mengandung senyawa polifenol.

Warna merah pada stroberi disebabkan oleh antosianin, pigmen warna yang juga memliki aktivitas antioksidan, kandungan antioksidan. Cukup tinggi dibandingkan buah-buahan dan sayuran lain menyebabkan stroberi dapat digunakan untuk mengatasi masalah penyakit akibat radikal bebas seperti kanker, stroke dan proses penuaan.

Di samping itu dapat mencegah terjadinya radang dan alergi, Strowberri merupakan buah-buahan yang mengandung gula rendah sehingga cocok untuk diet pengidap diabetes, melawan encok dan radang sendi. Karena antioksidan yang tinggi, buah ini juga dapat digunakan untuk menghaluskan kulit dan membuat cerah (Kumalaningsih, 2007). Disini Penulis ingin menyajikan tentang asyiknya berkebun Strowberry sebagai alternative mengisi waktu senggang dengan  kreatif di sekitar rumah kita sendiri.

Berkebun strawberry adalah aktivitas yang menyenangkan, bisa mengisi waktu senggang dengan Daftar Macaubet berkebun tumbuhan strawberry, di saat waktu  – waktu senggang  dapat melakukan aktifitas yang menyenangkan, selain dapat mengisi waktu kosong, berkebun memiliki manfaat  ganda yaitu ; pertama, mengisi waktu senggang dan  kedua, hasilnya dapat kita panen sendiri. Aktifitas berkebun bisa kita lakukan bersama keluarga, selain menyenangkan juga dapat memberikan pemahaman dan transfer ilmu buat putra putri kita.

Pemanfaatan lahan di sekitar rumah merupakan keuntungan tersendiri. Tidak perlu menggunakan lahan yang luas dalam pembudidayaan tumbuhan strawberri, tumbuhan cukup di tanam di polybag. Polybag dan disusun vertical pada rak – rak yang sudah di sediakan. Aktifitas ini bisa di jadikan alternative berwisata yang kreatif dan dapat memberikan edukasi kepada putra putri kita.

Sebelum kita menekuni berkebun buah Strowberry ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu karakter iklim dan cuaca yang cocok

  • Strowberry tumbuh di daerah yang memiliki curah hujan berkisar antara 600 – 700 mm/tahun
  • Lama penyinaran matahari sekitar 8 – 10 jam dalam masa pertumbuhannya, namun begitu tidak boleh terkena sinar matahari secara langsung karena akan merusak pertumbuhannya
  • Suhu/Temperatur yang di butuhkan tumbuhan strawberry adalah berkisar antara 17 – 20 º C dan kelembapannya adalah antara 80 – 90 %

Biasanya tumbuhan strawberry tumbuh di dataran tinggi atau area sekitar lereng – lereng gunung yang memiliki ketinggian sekitar 1000 – 1500 m DPL. Namun begitu sebagian petani dapat menanam tumbuhan strawberry di dataran yang sedang dengan menjaga suhu dan kelembapan di suhu berkisar 17 – 18 º C. Keunikan tumbuhan strawberry ini adalah sifat kembang biaknya yang vegetative, sehingga ketika tumbuhan sudah berkembang biak kita tidak perlu lagi membeli bibit strawberry, namun demikian rumpun yang akan di jadikan bibit baru haruslah rumpun yang baik dan sehat sehingga dapat menghasilkan bibit baru yang baik.

Yang perlu di perhatikan saat penyemaian bibit strawberry adalah pada saat penyiraman tumbuhan baru. Penyiraman tidak boleh melebihi dari yang di butuhkan atau tumbuhan tidak boleh kekurangan air. Dan pada saat panen buah stawberri usahakan memotong buah strwberri menggunakan gunting dan di potong pada tangkainya. Hal ini selain membuat awet segar pada buahnya juga membantu pertumbuhan stolon baru. Untuk mendapatkan hasil maksimal ada beberapa hal yang diperlukan diantaranya adalah pemangkasan sulur supaya tanaman lekas berbuah dan buahnya banyak. Pada usia tanam 2 sampai 4 bulan tumbuhan strawberry sudah menghasilkan buah yang cukup besar untuk dapat di panen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *