Kategori
Berkebun

Berkebun di Rumah, Sayuran Ini Bisa Dipanen dalam Waktu Singkat Lho!

Berkebun di Rumah, Sayuran Ini Bisa Dipanen dalam Waktu Singkat Lho!

hot thread fbz5906mjrdw - Berkebun di Rumah, Sayuran Ini Bisa Dipanen dalam Waktu Singkat Lho!Berkebun di Rumah, Sayuran Ini Bisa Dipanen dalam Waktu Singkat Lho! Untuk menanam sayuran dalam waktu singkat, kamu perlu waktu sekitar 30 hari sejak menanam hingga panen. Kalau dihitung-hitung, dari awal kamu di rumah aja sampai sekarang harusnya sudah panen dong, ya?

Daripada bosan di rumah aja, mending cobain menanam sendiri lima sayuran di bawah ini. Sebagai tambahan, kamu gak perlu punya lahan yang luas buat menanamnya. Bahkan, di kosan atau apartemen pun bisa.

1. Wortel 

klasifikasi wortel 1 - Berkebun di Rumah, Sayuran Ini Bisa Dipanen dalam Waktu Singkat Lho!

Menanam wortel perlu waktu. Jika kamu punya waktu 30 hari saja untuk memanen tanaman, baby carrot bisa kamu dapatkan. Wortel yang masih imut dan muda enak kan dibuat sebagai side dish dari makan steak bikinan sendiri. Gak perlu repot untuk memotongnya dan rasanya lebih manis.

Tanam biji wortel di dalam tanah, dan siram secara rutin. Kalau kamu ragu untuk langsung menanamnya di dalam tanah, kamu bisa merendam terlebih dahulu bijinya. Lalu baru tanam ke dalam tanah. Bisa juga ke dalam gelas plastik bekas air mineral.

2.Kangkung 

Kangkung Darat atau Kangkung Cabut 678x381 - Berkebun di Rumah, Sayuran Ini Bisa Dipanen dalam Waktu Singkat Lho!

Sayuran yang satu ini juga bisa dipanen dalam waktu 30 hari, lho. Kebayang gak sih segarnya kangkung yang dipetik langsung dari hasil tanam sendiri? Tanam biji kangkung ke dalam tanah, siram dan tunggu hingga 30 hari ke depan. Ingat, jika sudah tumbuh daun, siram secara rutin ya. Karena tanaman kangkung suka banget dengan air.

3. Daun bawang 

1 bf731aa2735fcb4dc2454bd35dc89494 - Berkebun di Rumah, Sayuran Ini Bisa Dipanen dalam Waktu Singkat Lho!

Kamu bisa menanamnya di dalam tanah ataupun di air. Bisa menanam dari sisa memasakmu terdahulu, lho. Daun bawang akan tumbuh subur jika kebutuhan airnya terpenuhi. Hindarkan daun bawang dari sengatan matahari langsung agar tumbuh sehat dan subur serta gak ‘gosong’. Tiga sampai empat minggu kemudian, kamu sudah bisa memanen daun bawang untuk memasak.

4. Bayam 

1 db48744048e75cab5d33c525683b8f2e - Berkebun di Rumah, Sayuran Ini Bisa Dipanen dalam Waktu Singkat Lho!

Menanam bayam mulai dari biji ternyata gak butuh waktu yang lama banget. Sekitar 4-5 minggu kamu bisa memanennya. Tanam biji bayam di dalam tanah, pot, atau polybag, siram secara rutin dan tunggu hingga tumbuh besar. Dengan sedikit kesabaran, kamu akan bisa memanen daun bayam segar langsung dari kebunmu.

5. Selada 

Cara Budidaya Selada Keriting Organik - Berkebun di Rumah, Sayuran Ini Bisa Dipanen dalam Waktu Singkat Lho!

Membayangkan enaknya daun selada segar yang crunchy dipanen dari kebun sendiri. Kamu bisa menanam selada dari sisa batangnya. Tumbuhkan di dalam air terlebih dahulu atau langsung menanamnya langsung di dalam tanah. Tanaman selada juga fleksibel kok, dia bisa ditanam secara konvensional atau hidroponik. Tinggal pilih yang paling mudah menurutmu. Sekitar 30 hari, selada bisa dipetik daunnya.

Wah, lumayan juga ya daripada gak ada kegiatan selama di rumah aja. Yang penting bukan jumlah sayuran yang bisa dipanen, namun kamu juga bisa berlatih lebih sabar dan telaten dalam merawat tanaman. Mau coba menanam sayuran sendiri?

Kategori
Berkebun

Tips Menanam Kol atau Kubis

Tips Menanam Kol atau Kubis

Tips Menanam Kol atau Kubis – Kubis memiliki bentuk yang unik, bulat, namun tidak bulat sempurna, serta ada pula kubis dengan bentuk yang sedikit gepeng. Berdasarkan proses pertumbuhannya, mulanya kubis tumbuh seperti tanaman pada umumnya, dimana daunnya tumbuh dengan normal. Ketika sudah mulai dewasa, daun-daun tersebut akan melengkung dan tumbuh merapat. Warna kubis juga beragam. Ada kubis putih (forma alba), kubis hijau (forma viridis), dan kubis dengan warna ungu kemerahan (forma rubra).

Agar kol tumbuh dengan baik, kondisi tanah dan iklim memiliki pengaruh yang cukup besar. Tanaman kubis bisa hidup pada suhu 10-24 derajat C dengan suhu optimal 17 derajat C. Sebagian besar varietas kubis tahan terhadap cuaca dingin (kurang dari 6-10 derajat C), namun untuk waktu yang lama, kubis akan menjadi rusak kecuali koloni berdaun kecil. Tanaman kubis juga membutuhkan irigasi yang baik, baik untuk irigasi maupun drainase. Sbobet88 Casino

Diketahui bahwa kubis memiliki beragam kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti vitamin, mineral, dan sejumlah senyawa baik. Vitamin C adalah vitamin dengan kadar tertinggi selain A,B, dan E yang terkandung di dalam kubis. Hal inilah yang membuat kubis menjadi senjata ampuh untuk mencegah skorbut atau sariawan akut.

Untuk kandungan mineralnya, kubis memiliki zat besi, natrium, fosfor, kalium, dan kalsium. Meski demikian, kubis juga tidak baik jika terlalu banyak dikonsumsi oleh Anda yang memiliki permasalahan dengan lambung. Hal ini dikarenakan oleh kandungan senyawanya yang dapat merangsang peningkatan gas di lambung, yang kemudian mengakibatkan perut kembung.

Persiapan Media Tanam

Beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum menanam kubis adalah media tanamnya. Sedikit informasi, bahwa kubis dapat ditanam dengan metode hidroponik. Namun lebih lanjut dalam artikel ini akan membahas cara menanam kubis dengan media tanam tanah. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu disiapkan.

  • Tanah gembur dan kaya nutrisi
  • Pupuk kandang
  • Polybag yang sudah diberi lubang di bagian bawahnya
  • Air secukupnya
  • Cetok

Persiapan Media Tanam

Jika media tanam Anda sudah siap, jangan lupa untuk menyiapkan benih atau biji kubis yang ingin ditanam. Anda bisa mendapatkan di toko bibit tanaman terdekat atau dari petani lokal. Sebelum membeli, Anda harus menentukan terlebih dahulu jenis kubis yang ingin Anda budidayakan. Ingat, kubis tidak hanya terdiri dari satu jenis saja.

Berdasarkan warnanya, ada jenis kubis putih (forma alba), kubis hijau (forma viridis), dan kubis dengan warna ungu kemerahan (forma rubra). Sedangan berdasarkan bentuknya, terdapat kubis krop, kubis daun, kubis umbi, kubis tunas, dan kubis bunga. Ragam jenis ini tentunya memiliki sifat dan manfaat yang sedikit berbeda satu sama lainnya meskipun tidak terlalu signifikan.

Penyemaian Benih Kubis

Berikut ini adalah cara menanam kubis dalam tahap penyemaian bibit:

  • Campurlah tanah gembur yang kaya dengan nutrisi dengan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1.
  • Masukkan campuran tanah dan pupuk kandang ke dalam polybag yang telah disiapkan.
  • Buatlah sedikit lubang di bagian tengah tanah.
  • Masukkan biji kubis, maksimal dua biji di masing-masing polybag.
  • Tutuplah dengan campuran tanah yang tersisa.
  • Padatkan tanah dengan perlahan.
  • Siram tempat penyemaian dengan air secukupnya.
  • Letakkan di tempat yang teduh atau yang tidak terkena sinar matahari langsung.
  • Pantaulah perkembangan benih kubis.
  • Benih sudah siap tanam saat berumur 3 sampai 4 minggu dengan jumlah daun sekitar 4 -5 daun

Jika Anda menggunakan tempat tanam selain polybag, misalnya seperti kotak kayu atau semacamnya, Anda bisa menebar lebih dari satu benih. Namun, jangan lupa memberi sedikit jarak tanam antara benih satu dengan benih lainnya. Hal ini dilakukan guna mengoptimalkan pertumbuhan bibit satu dengan yang lain.

Kategori
Berkebun

Budidaya Tanaman Ini Bisa Bikin Untung Jutaan

Budidaya Tanaman Ini Bisa Bikin Untung Jutaan

Budidaya Tanaman Ini Bisa Bikin Untung Jutaan – Pada umumnya, usaha budidaya tanaman sering diasosiasikan dengan pertanian yang butuh pengelolaan lahan dalam skala besar. Padahal, usaha budidaya ini ternyata bisa dilakukan di lingkungan perkotaan.

Harus menggunakan rencana yang matang dan kelihaian melihat peluang, usaha budidaya tanaman bahkan bisa dilakukan di pekarangan rumah. Dibekali dengan tanah di Indonesia yang subur, kamu tidak perlu khawatir untuk menekuni bisnis yang satu ini.

Bisnis ini juga bisa dilakukan sebagai hobi yang menyenangkan. Beberapa contoh budidaya tanaman yang bisa dilakukan di pekarangan rumah.

1. Budidaya Tanaman Cabai

Cabai adalah bahan makanan yang tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Dibalik rasanya yang pedas namun nikmat, tanaman ini menyimpan potensi keuntungan yang besar.

Iniliah beberapa alasan mengapa budidaya cabai menguntungkan:

  • Cabai memiliki permintaan yang sangat tinggi mengingat kebanyakan masyarakat Indonesia yang menyukai sambal sebagai teman makanan;
  • Harga cabai bisa dibilang stabil dan bisa melejit tinggi saat Bulan Ramadhan atau jika ada petani yang gagal panen; dan
  • Cara menanam cabe terbilang mudah serta bisa dilakukan di pekarangan rumah.
2. Bayam

Tanaman yang satu ini sangat kaya akan zat besi dan baik dikonsumi oleh para ibu hamil. Budidaya tanaman ini bisa dilakukan di rumah dengan lahan yang kecil karena media tanamnya bisa dilakukan dengan polybag.

Inilah beberapa hal yang harus disiapkan sebelum menanam bayam:

  • Tanah
  • Polybag
  • Pupuk Kompos
  • Pestisida Lamai
  • Bibit bayam (biji atau stek batang)

Opsi biji bisa dipilih jika kamu ingin menekan budget, sedangkan opsi stek bisa dipilih jika kamu tidak ingin repot saat proses menanam.

3. Bawang Merah

Budidaya tanaman yang satu ini bisa kamu lakukan dengan menyediakan media polybag, tanah, bawang merah, serta pupuk. Bawang merah sangat cocok untuk para pemula karena cara penanamannya yang relatif mudah.

Inilah beberapa hal yang harus diperhatikan saat menanam bawang merah:

  • Waktu penyiraman yan baik harus dilakukan pada pagi atau sore hari;
  • Taruh tanaman di tempat yang terkena sinar matahari; dan
  • Pastikan tanaman tidak terkena air hujan
4. Kangkung

Kangkung adalah tanaman kaya gizi yang bibitnya hanya memerlukan 4-6 minggu untuk panen. Kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan baskom sebagai media tanam.

Inilah beberapa hal yang harus disiapkan sebelum melakukan budidaya tanaman kangkung:

  • Bibit kangkung hidroponik
  • Pupuk
  • Zat Pengatur Tumbuh (ZPT)
  • Plastik berbentuk saringan
  • Baskom seukuran plastik
5. Terong

Tanaman yang mengandung banyak gizi seperti vitamin K dan kalsium ini bisa dibudidayakan dengan media polybag. Dengan harga yang tidak terlalu rendah, tanaman yang bisa dibudidayakan di rumah ini bisa memberikan keuntungan yang tidak sedikit.

Inilah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk menanam terong:

  • Suhu harus berkisar diantara 22-30 derajat Celsius;
  • Media tanah meliputi pasir, sekam, tanah, dan pupuk;
  • Harus terkena sinar matahari yang cukup
  • Ph tanah harus berkisar 6,3-7,3.
6. Tomat

Tomat adalah jenis sayuran yang tidak asing bagi seluruh pecinta kuliner. Hal yang paling penting adalah memastikan tanahnya tetap basah. Proses stek adalah kunci utama dalam menanam tomat.

Selain itu, air di vas kaca bisa digunakan untuk menumbuhkan akar. Simpan tunas di tempat dengan suhu yang hangat seperti di depan jendela yang terkena sinar matahati.

Setelah 1-2 minggu, akar akan tumbuh pada tunas dan kamu bisa memindahkannnya ke meida tanam tanah ketika akarnya cukup panjang

7. Sawi

Tanaman sawi dibagi menjadi 4 macam yakni sawi hijau biasa, sawi hijau pahit, sawi minya, dan sawi berdaun lebar.

Namun, kamu bisa menggunakan metode yang sama untuk menanam keempatnya. Selain itu, sawi bisa ditanaman di tempat yang panas maupun dingin.

Tanah yang digunakan untuk menanam sawi harus mengandung senyawa organik yang lembap. Hal-hal tersebut tentunya bisa disiapkan dengan mudah di rumah, bukan?

Kategori
Berkebun

Cara Membuat Kebun Sayuran dirumah mudah dan simple

Cara Membuat Kebun Sayuran dirumah mudah dan simple

ilustrasi berkebun  istockphoto - Cara Membuat Kebun Sayuran dirumah mudah dan simpleCara Membuat Kebun Sayuran dirumah mudah dan simple – Memiliki kebun sayuran adalah kegiatan yang menyenangkan dan menguntungkan. Rencanakan untuk menanam sayuran yang disukai keluarga, lalu carilah lokasi terbaik di halaman Anda (atau patio, taman di tengah rumah ) untuk menanamnya. Dengan sedikit waktu dan perhatian, hasil sayuran yang matang dan lezat akan tersedia di meja makan di rumah Anda.

Merencanakan Kebun 

750x500 diam diam berkebun ternyata memiliki manfaat untuk kesehatanmu lho 151204k - Cara Membuat Kebun Sayuran dirumah mudah dan simple

1.Tentukan sayuran apa yang akan ditanam. Sayuran apa yang paling Anda sukai? Pikirkan sayuran apa yang Anda sukai yang akan tersaji di piring, lalu rencanakan kebun sayuran Anda. Banyak sayuran yang tumbuh dengan baik di berbagai iklim, namun alangkah baiknya jika Anda mencari tahu sayuran apa yang tumbuh dengan baik di daerah Anda sebelum memutuskan sayuran apa yang akan ditanam.[1]
  • Tentukan untuk memilih sayuran yang perlu dipanen pada waktu-waktu yang berbeda, sehingga Anda akan memperoleh panen di sepanjang waktu dan tidak hanya pada waktu yang sama.
  • Beberapa jenis tanaman tidak bisa tumbuh dengan baik di daerah-daerah tertentu seperti di daerah asalnya. Cari tahu apakah sayuran yang ingin Anda tanam memerlukan cuaca dingin yang singkat atau apakah sayuran tersebut malah menjadi layu dan mati ketika suhunya terlalu tinggi. Anda mungkin harus lebih selektif dengan apa yang ingin ditanam, misalnya jika Anda hidup dalam iklim yang memiliki masa musim panas yang pendek atau daerah yang tidak memiliki banyak air.
  • Pilihlah tanaman yang memerlukan pertumbuhan dan kondisi tanah yang sama agar lebih mudah dirawat untuk kebun sayuran Anda.

2.Pilihlah daerah untuk berkebun. Kebanyakan tanaman sayuran memerlukan cahaya matahari yang kuat dan penuh, jadi pilihlah bagian halaman yang paling banyak terkena sinar matahari untuk dijadikan kebun sayuran. Hindari daerah yang tertutup rumah atau pohon sepanjang siang hari. Pilihlah daerah yang mmeiliki drainase yang bagus dan kaya tanah.

Pangan Mandiri Pangan dengan Berkebun - Cara Membuat Kebun Sayuran dirumah mudah dan simple

  • Anda bisa mengetahui apakah suatu daerah memiliki drainase yang baik atau tidak dengan cara memeriksanya setelah terjadi hujan lebat. Jika terbentuk genangan maka daerah itu tidak cocok untuk kebun sayuran. Jika air terserap dengan cepat ke dalam tanah, maka daerah itu cocok untuk kebun sayuran.
  • Pilihlah daerah yang relatif datar tanpa banyak akar dan batu-batuan. Hal ini akan memudahkan penggemburan tanah dan menyiapkan bedeng untuk penanaman.
  • Jika kualitas tanah tampaknya buruk atau tidak memiliki drainase yang baik, maka Anda masih bisa memiliki kebun sayuran dengan membuat bedeng yang memungkinkan Anda menanam tanaman di atas level tanah.
  • Beberapa sayuran juga tumbuh dengan baik di dalam pot besar. Paprika, tomat, dan kentang bisa ditanam di dalam pot, patio, atau fire escape (semacam tangga darurat dari suatu gedung) jika Anda tidak memiliki halaman.
3.Rancanglah kebun Anda. Sekarang saatnya menentukan seberapa besar ruang yang dibutuhkan untuk kebun dan tanaman-tanaman apa akan ditanam di mana. Jenis-jenis tanaman sayuran yang berbeda memerlukan jumlah ruang yang berbeda, jadi ketahuilah seberapa besar ruang yang Anda butuhkan untuk tanaman yang ingin ditanam ketika Anda merancang kebun Anda.
berkebunan 696x464 - Cara Membuat Kebun Sayuran dirumah mudah dan simple
  • Anda perlu tahu seberapa besar ruang yang harus disisakan antara benih atau bibit yang Anda tanam, juga seberapa besar ruang yang tersedia untuk tanaman yang sudah berbuah ketika mulai tumbuh. Squash (semacam labu) zukini/timun jepang, dan labu cenderung membutuhkan banyak ruang dan menghasilkan banyak buah, sementara kentang, wortel, dan selada secara relatif bisa dikendalikan.[2]
  • Kebun sayuran seringkali ditanam secara berbaris sehingga bisa membantu Anda memantau tanaman satu dengan yang lain.
  • Penting sekali untuk membuat ruang ekstra di antara barisan untuk memudahkan Anda berjalan di kebun saat menyiangi rumput, memberi pupuk, dan menyirami tanaman, juga memanen sayuran ketika sudah matang.

Persiapan untuk Menanam 

1.Belilah benih dan perlengkapan berkebun. Tentukan mulai dari mana Anda akan menanam, apakah dengan benih atau bibit yang bertunas dan belilah melalui katalog atau kebun bibit. Anda juga perlu memutuskan perlengkapan berkebun apa yang perlu dibeli. Banyak pekerjaan berkebun yang bisa dilakukan dengan tangan menggunakan alat-alat yang sederhana, namun jika Anda berencana membuat kebun yang besar, hidup Anda akan jauh lebih mudah jika ada alat pengolah tanah untuk membantu menggemburkan tanah. Inilah hal-hal yang Anda butuhkan: [3] Here’s what you’ll need:
  • Benih atau bibit. Banyak kebun bibit yang memiliki aneka pilihan benih dan bibit, juga dengan stafnya yang bisa membantu Anda mengetahui jenis apa yang perlu dibeli. Jika Anda memilih untuk menanam dengan bibit, belilah pada kurun waktu tak lebih dari beberapa hari sebelum Anda berencana menanamnya.
  • Pupuk. Pupuk alami yang bagus akan memberikan pertumbuhan ekstra pada tanaman sayuran. Gunakan bone meal (pupuk dari tulang hewan), blood meal (pupuk dari hewan), atau pupuk campuran untuk diberikan pada tanah. Kompos juga bagus untuk digunakan.
  • Jerami dan tanah lapisan atas. Tanaman sayuran perlu dilindungi dari angin dan hujan lebat ketika pertama kali ditanam. Tentukan apakah ingin menggunakan jerami atau lapisan tanas atas yang halus. Anda juga bisa menggunakan rumput kering untuk melindungi tanaman yang sedang bertunas.

2.Alat penggembur tanah. Alat ini digunakan untuk menggemburkan tanah, memudahkan Anda mencampurnya dengan pupuk, dan membuat lubang untuk tanaman sayuran. Untuk kebun yang kecil, Anda bisa menggunakan cangkul dan segenap tenaga, namun Anda perlu membeli atau menyewa alat penggembur tanah untuk kebun yang berukuran lebih dari 3 meter persegi.

  • Sekop dan penggaruk tanah. Alat-alat ini digunakan untuk membuat lubang, memindahkan tanaman, dan tanah di sekitarnya, serta merupakan peralatan berkebun yang penting.
  • Penggaris atau pita pengukur. Karena tanaman sayuran perlu ditanaman pada kedalaman yang berbeda, maka penting untuk memiliki penggaris untuk mengukur lubang yang Anda buat.
  • Selang dengan pengatur air. Alat ini memiliki kemampuan untuk mengubah tekanan air yang berguna.
  • Peralatan untuk membuat pagar. Mahluk-mahluk seperti kelinci, tupai, rusa, dan hewan lain senang memakan sayuran, jadi Anda perlu membangun pagar di sekeliling kebun.

3.Siapkan tanah. Tandai sudut-sudut kebun yang Anda tentukan dengan batu. Bersihkan daerah yang berada di dalam batas agar bersih dari batu, akar, ranting, rumput, dan kotoran-kotoran yang lebih besar. Gunakan alat penggembur tanah, cangkul, atau penggaruk tanah untuk menghancurkan tanah menjadi bagian-bagian kecil, tergantung seberapa dalam sayuran yang Anda perlukan untuk ditanam.

  • Jika Anda menggunakan pupuk, campur dengan tanah menggunakan penggaruk tanah. Pastikan untuk memberikan pupuk secara merata.
  • Pastikan untuk mengeluarkan batu-batu besar yang terkubur di dalam tanah. Batu-batu itu bisa mengganggu akar tanaman. Meluangkan waktu untuk membersihkan batu-batu di area berkebun adalah hal yang bermanfaat.
  • Jika Anda peduli dengan kualitas tanah di halaman rumah Anda, belilah alat penguji tanah untuk mengetahui seberapa banyak gizi dan bahan-bahan organik yang terkandung di dalamnya serta tingkat pH-nya. Semua faktor ini menentukan seberapa baik sayuran tumbuh dan seberapa bergizi sayuran Anda. Ketika Anda menguji tanah, Anda bisa menambahkan apapun yang tidak terkandung dalam tanah.

Menanam Sayuran 

v4 728px Create a Vegetable Garden Step 7.jpg - Cara Membuat Kebun Sayuran dirumah mudah dan simple

1.Buatlah lubang dan tanam benih atau bibit sayuran.

Gunakan sekop untuk membuat lubang sesuai kedalaman yang dibutuhkan dengan berbagai sayuran yang Anda tanam. Masukkan sedikit pupuk ke dalam tiap lubang, lalu sebarkan benih ke dalam lubang, atau masukkan bibit secara hati-hati. Tutup lubang dengan lapisan tanah atas dan selapis jerami jika diperlukan.

v4 728px Create a Vegetable Garden Step 8.jpg - Cara Membuat Kebun Sayuran dirumah mudah dan simple
2.Siramilah kebun. 
Untuk beberapa minggu pertama, saat sayuran mulai berakar, Anda perlu menjaga kelembapan lapisan tanah atas. Gunakan fungsi penyiraman kecil pada selang untuk menyiram kebun setiap hari.
  • Sering-seringlah memeriksa tanah. Jika terlihat kering, basahilah tanahnya lagi.
  • Jangan menyiram kebun di malam hari. Jika air menggenang semalaman dan tidak menyerap ke dalam tanah atau menguap, maka bisa menyebabkan munculnya jamur. 
v4 728px Create a Vegetable Garden Step 9.jpg - Cara Membuat Kebun Sayuran dirumah mudah dan simple

3.Siangi rumput di kebun. 

Ketika sayuran mulai bertunas, perhatikan tanaman yang bukan sayuran yang mungkin juga mengambil keuntungan dari pupuk dan air yang Anda berikan. Ambil rumput yang dekat dengan akar dan cabut pelan-pelan, lalu buang di daerah yang jauh dari kebun sehingga benihnya tidak menyebar. Hati-hati jangan sampai mencabut sayuran yang baru bertunas.

v4 728px Create a Vegetable Garden Step 10.jpg - Cara Membuat Kebun Sayuran dirumah mudah dan simple

4.Jauhkan hewan-hewan pengganggu dari kebun. 

Sebelum tanaman sayuran mulai berbuah, Anda perlu membuat pagar agar kelinci dan tupai tidak masuk ke dalam kebun. Pagar kawat yang biasa digunakan untuk membuat kandang ayam bisa menjadi cara yang ampuh. Jika rusa masuk ke kebun, Anda perlu membangun pagar yang lebih besar.

v4 728px Create a Vegetable Garden Step 11.jpg - Cara Membuat Kebun Sayuran dirumah mudah dan simple

5.Rawatlah sayuran sesuai dengan kebutuhannya. 

  1. Siramlah tanaman sayuran, pangkas, dan berilah pupuk sesuai kebutuhannya. Lanjutkan dengan menyiangi rumput di kebun ketika sayuran tumbuh sepanjang musim kemarau. Jika sudah tiba waktunya untuk memanen sayuran, ambil yang paling matang dulu dan biarkan yang lainnya untuk tumbuh.