Kategori
Berkebun

5 Sayuran Dipanen dalam Waktu Singkat

5 Sayuran Dipanen dalam Waktu Singkat

5 Sayuran Dipanen dalam Waktu Singkat – Untuk menanam sayuran dalam waktu singkat, anda perlu waktu sekitar 30 hari sejak menanam hingga panen. Kalau dihitung-hitung, dari awal anda di rumah aja sampai sekarang harusnya sudah panen dong.

Daripada bosan di rumah aja, mending cobain menanam sendiri sayuran di bawah ini. Sebagai tambahan, anda gak perlu punya lahan yang luas buat menanamnya. Bahkan, di kosan atau apartemen pun bisa.

1. Kangkung

Sayuran yang satu ini juga bisa dipanen dalam waktu 30 hari, lho. Kebayang gak sih segarnya kangkung yang dipetik langsung dari hasil tanam sendiri? Daftar Joker123

Tanam biji kangkung ke dalam tanah, siram dan tunggu hingga 30 hari ke depan. Ingat, jika sudah tumbuh daun, siram secara rutin ya. Karena tanaman kangkung suka banget dengan air.

2. Bayam

Menanam bayam mulai dari biji ternyata gak butuh waktu yang lama banget. Sekitar 4-5 minggu anda bisa memanennya.

Tanam biji bayam di dalam tanah, pot, atau polybag, siram secara rutin dan tunggu hingga tumbuh besar. Dengan sedikit kesabaran, anda akan bisa memanen daun bayam segar langsung dari kebunmu.

3. Daun bawang

Anda bisa menanamnya di dalam tanah ataupun di air. Bisa menanam dari sisa memasakmu terdahulu, lho. Daun bawang akan tumbuh subur jika kebutuhan airnya terpenuhi.

Hindarkan daun bawang dari sengatan matahari langsung agar tumbuh sehat dan subur serta gak ‘gosong’. Tiga sampai empat minggu kemudian, anda sudah bisa memanen daun bawang untuk memasak.

4. Selada

Membayangkan enaknya daun selada segar yang crunchy dipanen dari kebun sendiri. Anda bisa menanam selada dari sisa batangnya.

Tumbuhkan di dalam air terlebih dahulu atau langsung menanamnya langsung di dalam tanah.

Tanaman selada juga fleksibel kok, dia bisa ditanam secara konvensional atau hidroponik. Tinggal pilih yang paling mudah menurutmu. Sekitar 30 hari, selada bisa dipetik daunnya.

5. Wortel

Menanam wortel perlu waktu. Jika anda punya waktu 30 hari saja untuk memanen tanaman, baby carrot bisa anda dapatkan.

Wortel yang masih imut dan muda enak kan dibuat sebagai side dish dari makan steak bikinan sendiri. Gak perlu repot untuk memotongnya dan rasanya lebih manis.

Tanam biji wortel di dalam tanah, dan siram secara rutin. Kalau anda ragu untuk langsung menanamnya di dalam tanah, anda bisa merendam terlebih dahulu bijinya. Lalu baru tanam ke dalam tanah. Bisa juga ke dalam gelas plastik bekas air mineral.

***

Wah, lumayan juga ya daripada gak ada kegiatan selama di rumah aja. Yang penting bukan jumlah sayuran yang bisa dipanen, namun anda juga bisa berlatih lebih sabar dan telaten dalam merawat tanaman.

Kategori
Berkebun

Budidaya Tanaman Ini Bisa Bikin Untung Jutaan

Budidaya Tanaman Ini Bisa Bikin Untung Jutaan

Budidaya Tanaman Ini Bisa Bikin Untung Jutaan – Pada umumnya, usaha budidaya tanaman sering diasosiasikan dengan pertanian yang butuh pengelolaan lahan dalam skala besar. Padahal, usaha budidaya ini ternyata bisa dilakukan di lingkungan perkotaan.

Harus menggunakan rencana yang matang dan kelihaian melihat peluang, usaha budidaya tanaman bahkan bisa dilakukan di pekarangan rumah. Dibekali dengan tanah di Indonesia yang subur, kamu tidak perlu khawatir untuk menekuni bisnis yang satu ini.

Bisnis ini juga bisa dilakukan sebagai hobi yang menyenangkan. Beberapa contoh budidaya tanaman yang bisa dilakukan di pekarangan rumah.

1. Budidaya Tanaman Cabai

Cabai adalah bahan makanan yang tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Dibalik rasanya yang pedas namun nikmat, tanaman ini menyimpan potensi keuntungan yang besar.

Iniliah beberapa alasan mengapa budidaya cabai menguntungkan:

  • Cabai memiliki permintaan yang sangat tinggi mengingat kebanyakan masyarakat Indonesia yang menyukai sambal sebagai teman makanan;
  • Harga cabai bisa dibilang stabil dan bisa melejit tinggi saat Bulan Ramadhan atau jika ada petani yang gagal panen; dan
  • Cara menanam cabe terbilang mudah serta bisa dilakukan di pekarangan rumah.
2. Bayam

Tanaman yang satu ini sangat kaya akan zat besi dan baik dikonsumi oleh para ibu hamil. Budidaya tanaman ini bisa dilakukan di rumah dengan lahan yang kecil karena media tanamnya bisa dilakukan dengan polybag.

Inilah beberapa hal yang harus disiapkan sebelum menanam bayam:

  • Tanah
  • Polybag
  • Pupuk Kompos
  • Pestisida Lamai
  • Bibit bayam (biji atau stek batang)

Opsi biji bisa dipilih jika kamu ingin menekan budget, sedangkan opsi stek bisa dipilih jika kamu tidak ingin repot saat proses menanam.

3. Bawang Merah

Budidaya tanaman yang satu ini bisa kamu lakukan dengan menyediakan media polybag, tanah, bawang merah, serta pupuk. Bawang merah sangat cocok untuk para pemula karena cara penanamannya yang relatif mudah.

Inilah beberapa hal yang harus diperhatikan saat menanam bawang merah:

  • Waktu penyiraman yan baik harus dilakukan pada pagi atau sore hari;
  • Taruh tanaman di tempat yang terkena sinar matahari; dan
  • Pastikan tanaman tidak terkena air hujan
4. Kangkung

Kangkung adalah tanaman kaya gizi yang bibitnya hanya memerlukan 4-6 minggu untuk panen. Kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan baskom sebagai media tanam.

Inilah beberapa hal yang harus disiapkan sebelum melakukan budidaya tanaman kangkung:

  • Bibit kangkung hidroponik
  • Pupuk
  • Zat Pengatur Tumbuh (ZPT)
  • Plastik berbentuk saringan
  • Baskom seukuran plastik
5. Terong

Tanaman yang mengandung banyak gizi seperti vitamin K dan kalsium ini bisa dibudidayakan dengan media polybag. Dengan harga yang tidak terlalu rendah, tanaman yang bisa dibudidayakan di rumah ini bisa memberikan keuntungan yang tidak sedikit.

Inilah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk menanam terong:

  • Suhu harus berkisar diantara 22-30 derajat Celsius;
  • Media tanah meliputi pasir, sekam, tanah, dan pupuk;
  • Harus terkena sinar matahari yang cukup
  • Ph tanah harus berkisar 6,3-7,3.
6. Tomat

Tomat adalah jenis sayuran yang tidak asing bagi seluruh pecinta kuliner. Hal yang paling penting adalah memastikan tanahnya tetap basah. Proses stek adalah kunci utama dalam menanam tomat.

Selain itu, air di vas kaca bisa digunakan untuk menumbuhkan akar. Simpan tunas di tempat dengan suhu yang hangat seperti di depan jendela yang terkena sinar matahati.

Setelah 1-2 minggu, akar akan tumbuh pada tunas dan kamu bisa memindahkannnya ke meida tanam tanah ketika akarnya cukup panjang

7. Sawi

Tanaman sawi dibagi menjadi 4 macam yakni sawi hijau biasa, sawi hijau pahit, sawi minya, dan sawi berdaun lebar.

Namun, kamu bisa menggunakan metode yang sama untuk menanam keempatnya. Selain itu, sawi bisa ditanaman di tempat yang panas maupun dingin.

Tanah yang digunakan untuk menanam sawi harus mengandung senyawa organik yang lembap. Hal-hal tersebut tentunya bisa disiapkan dengan mudah di rumah, bukan?

Kategori
Berkebun

Berkebun Sangat Menyenangkan di Rumah

Berkebun di Rumah, Sayuran Ini Bisa Dipanen dalam Waktu Singkat

Berkebun Sangat Menyenangkan di Rumah – Berkebun di rumah saat ini menjadi aktivitas populer di tengah masa pandemi. Mengisi waktu luang di rumah dengan berkebun.

Tak sedikit orang yang melakukan aktivitas berkebun untuk pertama kalinya setelah masa karantina di rumah. Di zaman modern seperti ini tidak ada yang tidak mungkin untuk memulai berkebun sebagai orang yang awam sekali pun.

Cepat di sini yang dimaksud tentu saja bukan satu atau dua minggu saja, karena menumbuhkan tanaman juga perlu waktu. Untuk menanam sayuran dalam waktu singkat, kamu perlu waktu sekitar 30 hari sejak menanam hingga panen. Kalau dihitung-hitung, dari awal kamu di rumah aja sampai sekarang harusnya sudah panen dong, ya?

Daripada bosan di rumah aja, mending cobain menanam sendiri beberapa sayuran di bawah ini. Sebagai tambahan, kamu gak perlu punya lahan yang luas buat menanamnya. Bahkan, di kosan atau apartemen pun bisa.

  • Kangkung

Sayuran yang satu ini juga bisa dipanen dalam waktu 30 hari, lho. Kebayang gak sih segarnya kangkung yang dipetik langsung dari hasil tanam sendiri? Tanam biji kangkung ke dalam tanah, siram dan tunggu hingga 30 hari ke depan. Ingat, jika sudah tumbuh daun, siram secara rutin ya. Karena tanaman kangkung suka banget dengan air.

  • Bayam

Menanam bayam mulai dari biji ternyata gak butuh waktu yang lama banget. Sekitar 4-5 minggu kamu bisa memanennya. Tanam biji bayam di dalam tanah, pot, atau polybag, siram secara rutin dan tunggu hingga tumbuh besar. Dengan sedikit kesabaran, kamu akan bisa memanen daun bayam segar langsung dari kebunmu.

  • Selada

Membayangkan enaknya daun selada segar yang crunchy dipanen dari kebun sendiri. Kamu bisa menanam selada dari sisa batangnya. Tumbuhkan di dalam air terlebih dahulu atau langsung menanamnya langsung di dalam tanah. Tanaman selada juga fleksibel kok, dia bisa ditanam secara konvensional atau hidroponik. Tinggal pilih yang paling mudah menurutmu. Sekitar 30 hari, selada bisa dipetik daunnya.

  • Daun bawang

Kamu bisa menanamnya di dalam tanah ataupun di air. Bisa menanam dari sisa memasakmu terdahulu, lho. Daun bawang akan tumbuh subur jika kebutuhan airnya terpenuhi. Hindarkan daun bawang dari sengatan matahari langsung agar tumbuh sehat dan subur serta gak ‘gosong’. Tiga sampai empat minggu kemudian, kamu sudah bisa memanen daun bawang untuk memasak.

  • Wortel

Menanam wortel perlu waktu. Jika kamu punya waktu 30 hari saja untuk memanen tanaman, baby carrot bisa kamu dapatkan. Wortel yang masih imut dan muda enak kan dibuat sebagai side dish dari makan steak bikinan sendiri. Gak perlu repot untuk memotongnya dan rasanya lebih manis.

Tanam biji wortel di dalam tanah, dan siram secara rutin. Kalau kamu ragu untuk langsung menanamnya di dalam tanah, kamu bisa merendam terlebih dahulu bijinya. Lalu baru tanam ke dalam tanah. Bisa juga ke dalam gelas plastik bekas air mineral.

Wah, lumayan juga ya daripada gak ada kegiatan selama di rumah aja. Yang penting bukan jumlah sayuran yang bisa dipanen, namun kamu juga bisa berlatih lebih sabar dan telaten dalam merawat tanaman. Mau coba menanam sayuran sendiri?