Kategori
Home

Merawat Alat Dapur Biar Bersih dan Awet

Tips Merawat Alat Dapur Biar Bersih dan Awet, Jangan Dianggap Remeh!

Merawat Alat Dapur Biar Bersih dan Awet – Peralatan dapur butuh dirawat agar gak cepat rusak. Kalau alat memasak bisa tahan lama, kan lumayan ada pengiritan.

Coba deh tengok dapurmu, paling gak ada tiga bahan material yang biasa digunakan pada peralatan dapur, yaitu Daftar Sbobet365 plastik, besi, dan kayu. Karena memiliki tekstur dan daya serap yang berbeda-beda, maka berbeda pula cara merawat ketiga bahan perabotan dapur tersebut.

Dapur menjadi ruangan di dalam rumah yang paling sering digunakan. Selain untuk memasak, dapur dijadikan sebagai tempat makan bersama sekaligus tempat mencuci peralatan makan yang kotor. Karena itu kebersihan, kerapian, dan keawetan semua barang di dapur perlu dijaga. Berikut tips-tips merawat dapur beserta peralatannya :

  • Merawat wajan anti lengket agar awet

Karena wajan anti lengket menjadi peralatan dapur yang paling sering digunakan, tentunya perlu ekstra perawatan agar tidak cepat rusak. Bagaimana caranya?

Saat memasak, gunakan spatula yang berbahan dari kayu agar permukaan wajan anti lengket tidak rusak. Gunakan suhu kompor yang tidak terlalu panas saat memasak agar lapisan bawahnya tidak lengket dan mengelupas. Oh iya, jika masih ada masakan yang melekat, rendam wajan anti lengket dengan air hangat dulu baru dibersihkan.

Setelah digunakan untuk memasak, penting sekali untuk mendiamkan wajan anti lengket terlebih dahulu sampai dingin sebelum kemudian dicuci. Yang ini nggak kalah penting nih, jangan remehkan posisi menyimpan wajan anti lengket ya. Cara yang baik adalah dengan menelungkupkan wajan anti lengket yang sudah dicuci dan sudah kering.

  • Membersihkan blender sampai mengkilat
Kadang kala setelah memblender, tampilan blender menjadi agak kusam dan tidak sebersih saat masih baru. Ini cara cepat membersihkan blender sampai mengkilat:
  1. Pertama, bilas bagian dalam blender menggunakan air bersih dengan cara mengocoknya.
  2. Setelah dibilas, isi setengah blender dengan air yang dicampur dengan sabun pencuci piring.
  3. Tutup blender, lalu nyalakan mesin dengan kecepatan sedang selama 30 detik.
  4. Terakhir, bilas menggunakan air bersih dan keringkan dengan kain bersih.

 

  • Merawat pisau agar tidak cepat tumpul

Menjadi peralatan yang sering digunakan saat memasak, tentunya penting bagi kita untuk merawatnya agar suatu saat tidak mudah rusak ketika digunakan lagi. Berikut tips merawat pisau yang baik dan benar :

  1. Gunakan pisau sesuai dengan fungsinya. Maksudnya, jangan menggunakan pisau untuk keperluan lain selain memasak, seperti untuk membuka tutup botol sirup.
  2. Simpan pisau ketika sudah dicuci dan sudah dikeringkan agar tidak mudah berkarat.
  3. Gunakan alas untuk memotong bahan makanan yang tepat. Gunakan papan berbahan kayu bukannya besi agar pisau tidak congkel.
  4. Rutin mengasah pisau dengan pengasah khusus supaya ketajamannya tetap terjaga dan tidak tumpul ketika digunakan.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan di rumah agar dapur beserta peralatannya tetap bersih dan awet. Sehingga tidak perlu merogoh kocek lebih dalam untuk membeli peralatan baru lagi apabila sewaktu-waktu peralatannya sudah rusak sebelum waktunya. Semoga bermanfaat!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *