Kategori
Home

Menengok Pembuatan Gula Merah di Blitar

Menengok Pembuatan Gula Merah di Blitar

Menengok Pembuatan Gula Merah di Blitar – Beberapa Waktu lalu Aku berkunjung untuk melihat pembuatan bisnis rumahan yaitu gula merah / gula jawa yang terletak di Ds. Sumberjo, Kec. Sanankulon, Kab. Blitar.

Selain melihat-lihat, sebetulnya kami juga membuat sebuah video dokumentasi semi dokumenter yang menceritakan mengenai proses pembuatan gula jawa / aren / merah.

Pada postingan ini aku mau menyampaikan tentang gimana sih cara pembuatan gula aren / gula merah atau yang juga sering juga  disebut dengan gula jawa.

Lokasi pembuatan gula aren yang aku kunjungi kemarin masih memakai cara-cara tradisional yang menarik untuk dipelajari.

Ternyata untuk membuat gula aren / gula merah / gula jawa itu beneran mudah pake banget.

Waktu ngobrol bersama Bu Sulastik sampai terdiam mau tanya apa lagi, sebab proses pembuatannya bener-bener simpel, sederhana dan sudah jelas.

Tidak ada yang bisa dipertanyakan lagi dengan proses yang sederhana.

Jadi cara membuat gula merah itu dengan mengumpulkan air legen yang lalu direbus hingga mengental.

Setelah mengental baru diaduk dan dimasukkan ke dalam cetakkan. Tunggu kurang lebih 20 menit agar mengeras di dalam cetakan samapai bentuknya sama dengan cetakannya yang berupa batok kelapa atau juga potongan bambu.

Setelah itu dikeluarkan, dan jadi lah gula merah yang sudah siap di packing maupun di konsumsi.

Sedangkan untuk mendapatkan air legen, pak Suwoto yang sudah berpengalaman nderes sejak usia 15 tahun. Saat ini hanya bisa memanjat 30 pohon dalam waktu sehari yang membutuhkan waktu sekitar 2 jam lebih dikit.

Karena untuk mendapatkan legen ini membutuhkan waktu yang lama, oleh karena itu lebih baik setelah meletakkan alat di pelepahnya turun dan memanjat pohon yang lain.

Nanti kalau kira-kira sudah waktunya baru balik ke pohon yang sudah dipanjat untuk diambil legennya.

Gula aren ini enak dinikmati waktu masih anget, agak lunak gitu. Rasanya juga enak, lha wong namanya gula.

Selama ini keluarga Bu Sulastik dan Pak Suwoto menjual gula jawa ini ke para pengepul.

Ada yang dijual di pasar ada juga yang dikirim ke luar jawa. Kebanyakan sih gulanya dijual di daerah Kalimantan.

Kalau kamu tinggal di kalimantan maupun pulau di luar jawa dan sedang mencari gula jawa, kontak aja siapa tau usaha jualan gula jawa di sana bisa saling menguntungkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *