Kategori
Berkebun

Menanam Buah Naga di Pot

Menanam Buah Naga di Pot

Menanam Buah Naga di Pot – Buah Naga adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan namun sekarang juga telah dibudidayakan di negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia dan Malaysia. Buah ini juga dapat ditemui di Okinawa, Israel, Australia utara dan Tiongkok selatan. Hylocereus hanya mekar pada malam hari.

Buah ini memiliki warna cerah dan kandungan air yang tinggi. Cara menanam buah naga sebaiknya ditanam di dataran rendah yang mempunyai ketinggian antara 20-500 mdpl.

Menanam buah naga harus diketahui caranya. Sebab jika tidak akan mengalami rontok bunga, rontok buah, busuk batang, gagal penyerbukan, hingga tanaman buah naga mati.

Berikut cara menanam buah naga dirangkum dari berbagai sumber:

1. Pilih Pot

Carilah pot yang berdiamater minimal 40 cm. Tinggi pot biasanya 40 cm. Umur buah naga bisa sampai 20 tahun, jadi pilihlah pot yang sesuai.

2. Memilih Bibit

Pilih bibit yang sehat dan jangan ada bercak. Bibit yang buruk akan menghasilkan pohon naga tumbuh tinggi tanpa buah.

Kemudian cari bibit yang minimal sudah empat yang bertunas. Umur bibit sudah 2 bulan atau lebih.

3. Buat Tiang

Pohon naga tumbuhnya menjulang tinggi, tapi batangnya tidak kokoh. Hal ini karena tanaman buah naga adalah sejenis kaktus yang isi batangnya air bukan kayu.

Buat tiang panjatan dari kayu maupun beton setinggi 2 meter. Bagian atas bisa dikreasikan sendiri agar menyebar. Jika tiang panjat terlalu tinggi, pohon buah naga akan fokus tumbuh ke atas, bukan berbuah.

4. Membuat Media Tanam

Buah naga tidak mau hidup di media tanam yang sangat basah. Setelah hujan media tanam harus segera kering kembali.

Bahan untuk membuat media tanam yakni: tanah, pasir, pupuk kandang (sebaiknya dari kotoran ayam), batu bata merah atau kerikil, kapur pertanian 100 gram.

Kemudian masukkan kerikil atau batu bata merah yang sudah dihancurkan kecil-kecil ke dalam pot. Tujuannya untuk porositas, agar air tidak terlalu menggenang dalam pot.

5. Pindahkan Bibit ke Pot

Masukkan bibit ke pot yang sudah ada isinya media tanam dan tiang panjat, masukkan 10 cm saja lalu tekan tekan media tanamnya agar kokoh.

Ikat dengan tali rafia agar kokoh. Simpan pot yang sudah berisi buah naga anda ke tempat yang agak teduh. Biarkan dia hidup, biasanya 1-2 minggu.

6. Menyiram

Siramlah tanaman buah naga jangan sampai menggenang. Jika musim kemarau siram 2 kali sehari.

7. Memangkas

Pangkaslah sulur buah naga yang tidak sehat dan sulur terlalu tinggi. Pangkas tunas baru jika terlalu banyak.

8. Pemupukan

Pemupukan dilakukan dengan menggunakan pupuk kandang (dari kotoran ayam) atau pupuk buatan. Pupuk buatan yang cocok adalah NPK dan yang tidak cocok adalah urea.

Saat siap berbuah gunakan pupuk yang kandungan P dan K-nya tinggi, contohnya pupuk kandang dari kotoran kambing.

9. Bersihkan Rumput

Rajin-rajinlah bersihkan rumput. Rumput dapat mengambil nutrisi yang seharusnya diambil buah naga. Mereka juga bisa mengundang hama seperti bekicot dan semut.

Rajinlah mengecek lalu buanglah jika ditemukan daun busuk atau berbercak atau diserang kutu putih. Hilangkan bekicot di sekitar pohon naga, buanglah sarang semut yang ada.

Itulah cara menanam buah naga. Semoga berhasil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *