Kategori
Berkebun

Manfaat Berkebun di Tengah Pandemi Corona

Manfaat Berkebun di Tengah Pandemi Corona

Manfaat Berkebun di Tengah Pandemi Corona – Akhir pekan tiba, waktunya berkebun! Berkebun bukan hanya tentang membuat rumah anda terlihat bagus dan asri. Penelitian menunjukan berbagai manfaat berkebun. Mulai dari membantu penurunan berat badan dan tekanan darah hingga dapat meningkatkan suasana hati juga kesehatan mental.

Berkebun pun kini tengah jadi tren seiring pandemi Corona mengharuskan sebagian besar orang di rumah saja. Berkebun di rumah menjadi salah satu hobi yang banyak dicoba untuk mengisi kegiatan.

Supermodel Bella Hadid menghabiskan waktu di rumah perkebunannya selama pandemi virus corona. Di rumah itu dia juga berkebun. Dia sempat mengunggah aktivitasnya di Instagram saat sedang menanam bibit lavender bersama sang ibu, Yolanda Hadid.

Seperti Bella, berkebun dapat memberikan kegembiraan. Aktivitas ini dilakukan banyak orang selama masa pandemi corona yang mengharuskan semua orang di rumah saja.

Selain menyenangkan, ternyata berkebun juga memberikan manfaat kesehatan, terutama di tengah pandemi. Carla Manly, psikolog klinis dan penulis, mengatakan itu bahkan bisa menjadi bentuk meditasi.

“Kita sering berpikir bahwa untuk bermeditasi kita harus diam dan benar-benar tenang, belajar melepaskan pikiran kita dari jenis meditasi dasar itu. Kita mengalami perkembangan hal-hal lain seperti meditasi terbimbing, dan apa yang saya sebut meditasi bergerak,” kata Carla.

Ia menjelaskan tujuan meditasi adalah untuk melepaskan kekhawatiran di masa lalu dan kecemasan tentang masa depan. “Ketika kita terlibat dalam sesuatu seperti berkebun, kita sangat mampu, dalam arti meditatif, melepaskan pikiran kita dan fokus pada saat ini pada apa yang kita lakukan,” kata dia.

Carla yang juga rajin berkebun mengatakan aktivitas ini bisa sangat bermanfaat karena memungkinkan kita melihat bagaimana kita sebagai individu dapat membuat perbedaan, terutama di saat-saat seperti ini di mana kehidupan bisa terasa sangat stagnan.

“Akhir pekan lalu saya menanam biji bunga matahari,” katanya. “Saya menunggu mereka untuk memunculkan kepala kecil mereka, dan kemudian saya akan dapat melihat [bahwa] saya mempengaruhi perubahan. Saya telah melakukan sesuatu yang positif.”

Ketika Anda melakukan sesuatu yang terasa bermanfaat, Carla menjelaskan bahwa kadar dopamin dan serotonin kita meningkat. Ini membuat Anda dalam suasana hati yang lebih baik.

Berkebun tak harus dilakukan di tanah luas seperti di rumah perkebunan Bella Hadid. Anda juga bisa melakukannya di pekarangan kecil atau di pot-pot bunga, baik di dalam atau luar ruangan. Manfaatnya sama.

“Bagi sebagian orang, memiliki taman yang penuh sebenarnya bisa menyebabkan stres,” katanya. “Mungkin terasa seperti satu tuntutan terlalu banyak ketika mereka sudah memiliki jadwal yang sibuk atau anak-anak yang harus diurus. Jadi fakta bahwa mereka dapat menjaga tiga tanaman ramuan tetap hidup di ambang jendela mereka mungkin terasa seperti pencapaian besar. ”

Berkebun sebagai meditasi sangat berguna jika Anda tidak menyukai meditasi duduk tradisional. Alih-alih memaksakan diri untuk duduk dan bernapas selama 15 menit, yang dikatakan Carla dapat menimbulkan lebih banyak stres jika Anda merasa gagal, Anda harus menemukan apa yang cocok untuk Anda.

“Anda tidak perlu melakukan meditasi duduk,” katanya. “Jika Anda bisa mendapatkan manfaat menghilangkan stres yang sama dengan berjalan, merajut, berkebun, mengapa tidak? Anda tidak perlu melakukan apa yang dilakukan orang lain. “