Kategori
Berkebun

Inspirasi Berkebun di Lahan Sempit

Inspirasi Berkebun di Lahan Sempit

Inspirasi Berkebun di Lahan Sempit – Masa pandemi COVID-19 memaksa setiap orang untuk tinggal di rumah demi memutus mata rantai penyebaran virus. Kondisi ini tidak serta merta membuat kita menjadi tidak produktif.

Kecenderungan tersebut sering menjadi penghambat untuk mulai berkebun, apalagi bagi masyarakat di perkotaan. Manusia terus melakukan inovasi. Sekarang, orang bisa berkebun meskipun tak memiliki lahan.

Orang bisa memanfaatkan lahan sempit seperti di rumah untuk berkebun. Bukan zamannya lagi khawatir berkebun di rumah dengan lahan sempit. idn poker deposit pulsa indosat

Ganti pot dengan kantong tanaman

Menanam dengan pot cenderung membutuhkan banyak tempat, kamu bisa menggantinya dengan kantong-kantong tanaman. Kantong tersebut kemudian diisi dengan tanah dan ditanami tumbuhan.

 Kebun sayur sekaligus penghias ruangan

Tanaman hias nggak selalu bunga berwarna-warni. Tanaman lain seperti bumbu dapur juga bisa menjadi penghias ruangan.

Kamu bisa letakkan pot-pot kecil berisi tanaman bumbu dapur seperti daun mint atau basil di sudut-sudut ruangan atau dekat jendela dapur.

Hidroponik

Hidroponik adalah metode menanam tanpa menggunakan tanah. Cara menanam hidroponik lebih menekankan pada pemenuhan nutrisi tanaman.

Dengan media tanam pot atau pipa, berkebun bisa lebih praktis. Kelebihan dari hidroponik adalah bisa diletakan di dalam atau luar ruangan.

Gantungin aja

Untuk memanfaatkan dimensi ruangan, kamu bisa menggantungkan tanaman seperti misalnya di dapur. Tentu saja pastikan tali penggantung kuat menahan beban tanaman dan pot.

Kebun bertingkat

Kebun bertingkat bisa menjadi cara berkebun di tempat sempit. Prinsip dari kebun bertingkat mirip dengan terasering di kawasan pegunungan.

Kebun bertingkat bisa menjadi solusi minimnya lahan yang kamu miliki di rumah. Di setiap tingkatan, kamu bisa menanam berdasarkan jenis tumbuhannya.

Bikin kebun vertikal

Berkebun dengan cara vertikal sangat cocok dengan kondisi rumah yang lahannya sangat terbatas. Kamu bisa berkreasi dengan kebun vertikal dengan meletakan tanaman di dinding, pagar, atau papan.

Manfaatkan toples bekas

Biasanya banyak toples bekas yang tidak digunakan di rumah. Kamu bisa memanfaatkannya menjadi media tanam.

Tanaman-tanaman penyedap rasa seperti basil, rosemary, atau oregano cocok ditanam di toples bekas.

Satu pot besar beberapa tanaman

Mungkin kamu malas atau kerepotan merawat tanaman dengan jumlah pot yang banyak. Meletakan beberapa tanaman dalam satu pot besar bisa menjadi solusi terbaik. Siapkan satu pot berukuran besar, lalu tanam dengan beragam jenis.

Bikin green house mini

Menanam tanaman dalam sebuah greenhouse berfungsi untuk memanipulasi kondisi lingkungan agar sesuai dengan karakter tanaman di dalamnya.

Greenhouse dapat dibuat sendiri dengan sederhana di rumah, misal dengan model rak kaca yang tembus cahaya. Beberapa tanaman seperti lidah mertua, suplir, atau daun gajah cocok ditanam dengan metode ini.

Kebun dalam rak

Rak display bertingkat berfungsi meletakkan berbagai pot tumbuhan. Kamu bisa meletakkannya di dalam rumah. Tentu saja perhatikan pencahayaan yang cukup agar tanaman agar bisa berfotosintesis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *