Kategori
Berkebun

Cara Menanam Pohon Mangga

Cara Menanam Pohon Mangga

Cara Menanam Pohon Mangga – Pohon mangga adalah nama tanaman penghasil buah mangga yang konon berasal dari sekitar perbatasan India dengan Burma.  Mangga (Mangifera indica L) kini banyak ditanam dan dibudidayakan di Indonesia. Buah mangga termasuk dalam kelompok drupa (buah batu) yang memiliki biji dan daging buah. Tanaman mangga dibudidayakan untuk diambil buahnya. Buah yang matang umum dimakan dalam keadaan segar, sebagai buah meja atau campuran es, dalam bentuk irisan atau diblender. Buah yang muda kerapkali dirujak, atau dijajakan di tepi jalan setelah dikupas, dibelah-belah dan dilengkapi bumbu garam dengan cabai. Buah mangga juga diolah sebagai manisan, irisan buah kering, dikalengkan dan lain-lain. Di pelbagai daerah di Indonesia, mangga (tua atau muda) yang masam kerap dijadikan campuran sambal atau masakan ikan dan daging. Tanaman mangga termasuk suku Anarcadiaceae, berbentuk pohon dengan tinggi mencapai 10-40 meter dengan garis tengah batang sekitar 80-100cm. Batang berwarna keabuan, kulit berbelah-belah tidak rata dan getah putih bening. Untuk pertumbuhannya tidak memerlukan syarat yang berat, tanaman dapat tumbuh baik pada ketinggian 300-500m dpl, terutama pada tanah yang gembur dengan pH 5-6 dan berpengairan baik. Iklim yang diperlukan bagi pertumbuhannya ialah yang mempunyai masa kering sekitar 3-4 bulan.

Mangga adalah buah yang digandrungi orang-orang. Mau itu mangga tua yang rasanya manis dan berdaging buah empuk atau mangga muda dengan rasanya yang asam, tetap banyak dicari.

Buah yang satu juga sering dijadikan bermacam olahan seperti manisan mangga, mango sticky rice, atau bahkan dijadikan sambal mangga. Semuanya sama-sama lezat!

Musim buah mangga di Indonesia sendiri biasanya terjadi pada rentang bulan April-Juni (berbuah sedikit) dan Agustus-November (berbuah lebat).

Menanam mangga bisa dibilang susah-susah gampang dan perlu sedikit kesabaran.

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan terlebih dahulu sebelum mulai menanam.

Cara Menanam Pohon Mangga dengan Persiapan Lahan

Kondisi tanah yang baik untuk ditanami pohon mangga adalah tanah yang gembur serta mengandung banyak humus, lebih baik lagi jika tanahnya adalah tanah lempung.

Sebelum menanam, kamu harus mempersiapkan lahan tanaman dengan benar supaya hasilnya bisa lebih maksimal dan pohon mangga yang kamu tanam berbuah lebat.

Kondisi tanah yang baik untuk ditanami pohon mangga adalah tanah yang gembur serta memiliki banyak kandungan humus.

Ikuti langkah menyiapkan lahan berikut ini:

  • Gali tanah menggunakan cangkul dengan ukuran 1m x 1m x 1m, jarak tanamnya 6m x 8m. Diamkan lubang galian selama satu bulan untuk menghilangkan racun tanah.
  • Setelah didiamkan selama satu bulan, tutup lubang galian dengan tanah yang telah dicampur pupuk kandang. Lalu diamkan lagi selama dua minggu.
  • Lalu siapkan bibit mangga unggul.

Cara Menanam Pohon Mangga Setelah Lahan Siap Tanam

Persiapan lahan cukup menguji kesabaran, bukan? Justru itulah nikmatnya menanam. Kamu juga sekaligus belajar memperkuat kesabaran dan menikmati proses.

  • Lepaskan bibit mangga dari polybag atau plastik yang membungkus dan pastikan jangan sampai ada sedikitpun plastik yang masih menempel.
  • Gali kembali lahan yang telah disiapkan sebelumnya dengan ukuran kurang lebih 20 cm di atas leher akar.
  • Letakkan bibit di lahan tanam. Lalu tutup kembali lubang galian tersebut, serta jangan lupa untuk menekan tanah galian ke arah tanaman supaya lebih kokoh.
  • Beri naungan dengan posisi miring ke barat agar tidak terlalu banyak terpapar matahari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *