Kategori
Berkebun

Cara Menanam Melon

Cara Menanam Melon

Cara Menanam Melon – Melon merupakan salah satu tanaman dari suku Cucurbitaceae atau labu-labuan. Di Indonesia buah melon termasuk buah yang memiliki banyak peminat. Harga buah melon dipasaran tergolong tinggi, dibanding harga rata-rata buah sejenis. Meskipun mahal, buah melon memiliki pasar yang cukup bagus. Rasanya yang segar, manis dan memiliki aroma harum yang khas membuat buah yang satu ini tetap disukai meskipun harus ditebus dengan harga yang tidak murah. Bagi anda yang memiliki lahan luas, melon bisa menjadi pilihan untuk dibudidayakan secara komersial. Berbudidaya melon memiliki potensi yang bagus mengingat harga jualnya yang tinggi, masa panen yang cepat, dan mudah dalam menjualnya. Selain itu tanaman melon juga merupakan tanaman yang tidak kenal musim karena bisa dibudidayakan kapan saja.

Sebagaimana namanya, yang disebut lanjaran adalah media rambatan tanaman. Karena tanaman melon ini bersifat menjalar dan merambat, maka akan sangat cocok jika ditanam dengan ajir. Cara menanam melon sendiri sebenarnya ada banyak, diantaranya cara menanam melon sistem lesehan dan cara menanam melon dalam pot.

Dengan cara menanam melon sistem lanjaran (ajir) ini maka ada banyak keunggulan jika dibandingkan metode yang lain. Diantaranya ialah kareena posisi buah melon yang menggantung akan membuat bentuk buah melon akan bulat sempurna dan tidak peang sebagaimana jika ditanam dengan sistem lesehan. Selain itu resiko buah busuk juga semakin kecil karena buah tidak bersentuhan langsung dengan tanah.

Persiapan Lahan Tanam

Persiapan lahan tanam melon ialah dengan membersihkan lokasi tanam dari gulma dan rumput liar serta obyek yang menghalangi cahaya matahari. Untuk kriteria lahan sendiri tidaklah terlalu sulit ditemukan karena tanaman melon sendiri cocok ditanam pada dataran rendah hingga tinggi. Yang terpenting adalah kandungan unsur hara serta keseimbangan pH tanah.

Penggemburan Tanah dan Pembuatan Lubang Pupuk

Tanah yang sudah bersih kemudian digemburkan menggunakan cangkul atau traktor bajak setelah itu dibuat lubang pupuk calon bedengan dengan bentuk alur. Buatah sepasang untuk setiap calon bedengan agar bagian tengahnya bisa untuk pengairan nantinya. Baca juga Cara Menanam Bawang dengan Paralon

Jarak antar bedengan hanyalah sekitar 50-100 cm saja karena nantinya tanaman melon akan merambat keatas.

Pemberian Pupuk Dasar

Pupuk dasar untuk tanaman melon haruslah terdiri dari pupuk organik dan pupuk buatan. Untuk pupuk organik anda bisa menggunakan pupuk kandang lalu untuk pupuk anorganiknya anda menggunakan campuran Phonska:SP-36:KCL dengan perbandingan 5:3:1 saja. Sebenarnya untuk perbandingannya anda bisa berkreasi sendiri namun ingat untuk tidak membanyakkan pupuk nitrogen agar tidak terjadi gagal buah. Baca juga Cara Menanam Asparagus

Pupuk dasar diletakkan disepanjang alur calon bedengan lalu kemudian diaduk dan ditutup sambil dibentuk bedengan.

Penanaman Bibit Melon

Bibit yang sudah berusia diatas 7 hari maka bisa segera ditanam pada bedengan yang sudah disiapkan. Langkah-langkah penanaman bibit melon adalah sebagai berikut :

  • Buat lubang tanam pada permukaan plastik dengan jara antara 40-50 cm antar lubang tanam
  • Kocorkan larutan NPK 16-16-16 dan insektisida pada setiap lubang tanam
  • Siram bibit pada pot hingga basah benar seluruh perakarannya
  • Tanamkan bibit melon secara serempak pada pagi hari dan hentikan ketika diatas jam 10. Lanjutkan kembali setelah pukul 2 siang hingga sore
  • Segera siram tanaman melon yang baru saja ditanam

Tancapkan ajir sesegera mungkin agar tida sampai merusak perakaran bibit melon yang masih muda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *