Kategori
Berkebun

Cara Menanam Jambu Air Citra

Cara Menanam Jambu Air Citra

Cara Menanam Jambu Air Citra – sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Jambu Air madu atau Jambu Biji Merah ataupun jenis jambu yang lain karena tanaman jambu merupakan tanaman tropis yang termasuk kedalam suku jambu-jambuan, sehingga karakteristiknya agar mirip-mirip. Sangat cocok di tanam di seluruh wilayah Indonesia yang rata-rata memiliki curah hujan yang tinggi.

Jambu air citra adalah jambu yang sering ditemukan masyarakat Indonesia. Tanaman ini sering menjadi tanaman pohon yang ditanam di pekarangan rumah. Namun perbanyakan hasil buah yang diperoleh dari jambu air citra untuk saat ini sulit dilakukan.

Faktor seperti masyarakat lebih tertarik menanam tanaman hias sebagai tanaman peliharaan dibandingkan menanam pohon dipekarangan rumah.

Bagi anda yang ingin memulai menanam jambu air citra, tidak ada salahnya untuk mengetahui beberapa tips dan informasi penting seputar cara menanam jambu air citra.

Syarat Jambu Air Citra Tumbuh

Hasil penelitian dari beberapa peneliti maupun petani jambu air citra, faktor yang perlu diperhatikan untuk menanam jambu air citra adalah syarat jambu air citra dapat tumbuh. Beberapa faktor seperti tanah, drainase, suhu, ketinggian, waktu penanaman bisa menadi syarat jambu air citra dapat tumbuh.

Pemilihan Bibit Jambu Air Citra

Bibit dapat menentukan hasil, jadi anda harus memilih bibit unggul Jambu Air Citra untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Namun, Anda tidak perlu repor-repot mencari kesana kemari, karena kamu sudah menyediakan bibit unggul tanaman Jambu Air Citra yang bergaransi dengan harga 50 ribu rupiah saja. Tersedia juga bibit tanaman jambu lain, seperti Jambu air Madu, jambu monyet, jambu biji, jambu sukun dan lain sebagainya.

Tanah

Kondisi tanah andosol dan grumosol sangat cocok untuk pertumbuhan dan perkembangan jambu air citra. Jambu air citra yang tidak ditanam pada tanah yang andosol dan grumosol sebenarnya bisa diperbaiki strukturnya dengan penambahan pupuk organik agar unsur kimia dan fisik tanahnya dapat berubah.

Iklim dan Curah Hujan

Jambu air citra dapat tumbuh dengan kondisi lingkungan tropis. Adapun curah hujan sedang menjadi penanda tanaman ini dapat tumbuh dengan baik. Biasanya jambu air citra yang ditanam di daerah yang memiliki curah hujan sedang akan menghasilkan buah yang manis dan tidak mengandung banyak air. Sedangkan jambu air yang ditanam di wilayah yang curah hujannya tinggi rasa manisnya akan hilang dan lebih banyak mengandung air.

Ketinggian Tempat

Ketinggian tempat pada penanaman jambu air citra sangat penting karena mempengaruhi kondisi penyinaran matahari selama masa pertumbuhan dan perkembangan. Lahan yang dataran rendah sampai dengan 500 mdpl sangat cocok untuk ditanami jambu air.

Media Tanam dan Penanaman Jambu Air Citra

Media tanam yang digunakan harus mengandung unsur hara yang cukup untuk menutrisi tanaman agar jambu air citra cepat berbuah. Media tanam yang baik antara lain:

  1. Kompos
  2. Arang sekam
  3. Tanah yang mengandung pasir dan lempung
  4. Pupuk Kandang

Minimal, Anda harus mencampur 3 tiga media, antara lain kompos, arang sekam dan tanah. Perbandingannya adalah 1:1:1. Anda bisa menggunakan pot berdiameter 30-50 cm.

Prinsip dasar penanamannya sama, sehingga anda harus membaca artikel tersebut diatas, sebagai pengetahuan dasar dan panduan dalam menanam jambu air citra. Apabila instruksi cara penanamannya diikuti dengan benar, saya yakin jambu air citra akan cepat berbuah dan menghasilkan panen yang melimpah.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *