Kategori
Berkebun

Cara Menanam Durian Musang King

Cara Menanam Durian Musang King

Cara Menanam Durian Musang King – Salah satu jenis durian adalah durian musang king,  buah durian musang king adalah varietas baru yang berasal dari kelompok buah berduri yang lezat ini.

Dimana keistimewaan dari durian musang king adalah durian yang memiliki daging tebal bewarna kuning dan daging buah durian ini berbentuk daging kering. Kelebihan lain yang dimiliki oleh durian jenis ini adalah memiliki biji kecil, tekstur lembut dan aroma yang kuat serta kombinasi dri rasa manis dan agak sedikit pahit dimana buah durian ini dinyatakan varietas terbaik dikelasnya.

Durian merupakan salah satu tumbuhan tropis yang banyak dijumpai di Asia Tenggara. Nama durian sendiri diambil dari bentuk buahnya yang berduri. Buah tanaman dengan nama latin Durio zibenthinus ini biasanya dijadikan sebagai olahan kue, dodol, es, dan sebagainya.

Salah satu jenis durian yang sangat terkenal adalah musang king yang berasal dari negeri Jiran, Malaysia. Durian ini terkenal di Malaysia dan Singapura. Durian ini terkenal akan dagingnya yang tebal, manis, dan legit.

Saat ini, budidaya durian ini memiliki prospek yang sangat baik. Prospek untuk ekspor juga meningkat, terlebih ke negara seperti China.

Varietas Durian

Durian musang king merupakan varietas durian yang dapat tumbuh di dataran rendah sampai dataran dengan ketinggian 1000 mdpl.

Namun, jika Anda ingin durian ini berbuah maksimal, maka sebaiknya Anda menanamnya di dataran dengan ketinggian 400-600 mdpl.

Durian musang king juga membutuhkan tanah yang subur dan menyukai daerah yang curah hujannya tinggi. Jenis tanah yang sesuai untuk durian ini adalah jenis tanah yang gembur, lembab, subur, serta memiliki kedalaman air yang tidak lebih dari 1 m.

Faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi pertumbuhan durian musang king juga sama halnya dengan faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi tanaman lainnya, antara lain: unsur hara, iklim, dan jenis penyerbukan.

Persiapan Lahan

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan dalam mempersiapkan lahan untuk budidaya durian musang king:

  1. Pastikan lahan untuk budidaya adalah lahan yang terpapar sinar matahari secara langsung.
  2. Bersihkan lahan dari gulma.
  3. Setelah gulma dibersihkan, buatlah lubang-lubang yang akan ditanami durian dengan jarak minimal 25 cm. Sebelum ditanami, lakukan penyuburan tanah dengan memberikan pupuk kompos pada lubang tanam.
  4. Lubang yang dibuat berukuran panjang 100 cm dan lebar 80 cm. Sebelum ditanami, biarkan lubang terpapar sinar matahari selama 3 hari untuk mematikan bakteri dan virus yang ada di dalamnya.
  5. Masukkan kembali tanah yang telah digali ke dalam lubang tanam agar lubang penanaman menjadi gembur.

Persiapan Bibit

Sebelum menanam durian musang king, tentunya Anda harus menyiapkan bibitnya terlebih dahulu. Langkah-langkah persiapan bibit adalah sebagai berikut:

  1. Anda dapat membeli bibit dari petani durian yang terpercaya.
  2. Pilihlah bibit yang sehat dan tidak jangkung, daunnya tidak rusak, dan tidak terserang penyakit.
  3. Pilih bibit yang cukup umur dan batangnya cukup besar. Kurang lebih bibit berukuran sekitar 15 cm.
  4. Setelah pemilihan bibit, untuk menanamnya, Anda cukup memindahkannya ke lubang tanam dan pastikan batang dan akar tidak rusak selama proses pemindahan.
  5. Buka polybag yang biasanya menjadi wadah pembibitan.
  6. Masukkan bibit dan tanahnya ke dalam lubang penanaman.
  7. Lakukan penyiraman dan pemupukan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Perawatan Durian Musang King

Berikut adalah tips-tips perawatan musang king yang harus dilakukan agar dapat mencapai panen yang diharapkan:

  1. Lakukan teknik penanaman dengan metode seperti permukaan gunung dengan cara meninggikan tanah.
  2. Lakukan pemupukan secarateratur, dengan pupuk kompos atau NPK. Dosisnya 1 sendok teh pupuk NPK dilarutkan dalam 10 liter air yang dapat digunakan untuk 10 bibit. Pemupukan ini dilakukan 10 hari sekali.
  3. Lakukan juga pemupukan dengan pupuk kandang hasil fermentasi yang sudah menyerupai tanah secukupnya.
  4. Jika tanaman mengalami serangan hama ulat, lakukan penyemprotan dengan pestisida.
  5. Pastikan lahan budidaya bebas dari gulma.

Pemanenan

Buah durian dapat dipanen setelah tanaman berusia 4-5 tahun. Bahkan, pohon durian musang king dapat dikembangkan dengan tinggi hanya 3-4 meter atau lebih rendah dan sudah menghasilkan buah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *