Kategori
Berkebun

Cara Budidaya Kopi Robusta Agar Berbuah Lebat

Cara Budidaya Kopi Robusta Agar Berbuah Lebat

Cara Budidaya Kopi Robusta Agar Berbuah Lebat – Kopi robusta sangat cocok dan dapat tumbuh secara optimal apabila di tanam pada daerah dataran rendah yang mempunyai ketinggian mencapai 400 – 800 meter di atas permukaan laut. dan suhu yang sangat optimal pada angka 24 – 30 derajat Celsius, dengan curah hujan mencapai 2000 – 3000 mm/tahun.

. Idealnya tingkat keasaman pada tanah atau PH mencapai angka 4,5 – 6,5 dengan tanah yang memiliki struktur tanah gambur.

PROSES BUDIDAYA KOPI ROBUSTA AGAR BERBUAH LEBAT

a. Syarat Tumbuh

Sebaiknya ditanam didaerah beriklim tropis di dataran yang memiliki ketinggian 400 – 600 meter diatas permukaan laut. Suhu untuk pertumbuhan kopi berada pada angkat 24 – 40 derajat Celcius dan suhu untuk menanam kopi robusta berada pada suhu 75 derajat Frenheit. Serta curah hujan mencapai 2000 – 3000 mm/tahun. kopi robusta akan tumbuh secara optimal pada lahan tanah yang subur gambur serta mrmpunyai keasaman atau Ph mencapai angka 4,5 – 6,5.

b. Memilih Bibit Yang Berkualitas Baik

Pilihlah bibit yang berkualitas baik, agar tanaman kopi robusta bisa tumbuh dengan baik dan optimal.

c. Persiapan Lahan

Menyiapkan lahan yang benar benar subur dan membuat lubang pada media lahan tanam. Berikut proses pembuatan lubang tanam :

Buatlah lubang tanaman dengan berdiameter 60 cm, dengan kedalaman sekitar 60 cm. Pembuatan lubang di lakukan 3 – 4 bulan sebelum bibit di tanam dengan jarak tanam mencapai 2,5 x 2,5 cm.

Pisahkan antara tanah galian bagian atas dan tanah gali bagian bawah.

d. Proses Tanam Kopi

Proses tanam kopi dari budidaya kopi robusta sangat mudah, berikut proses tanam bibit kopi arabika :

Sebelum di tanam, papas daun pohon bibit kopi sampai tersisa 1/3 bagian saja, cara ini bertujuan untuk mengurangi penguapan pada tanaman kopi

 

Untuk kedalaman lubang, usahakan supaya sesuai dengan panjang akar bibit kopi

Dan masukkan kedalam lubang lalu tutup kembali lubang tanam tersebut

e. Proses Perawatan Tanaman

Budidaya kopi robusta juga sama dengan budidaya lainnya yang membutuhkan perawatan supaya perkembangan dan pertumbuhan tanaman bisa berjalan secara optimal.

1. Penyulaman

Proses penyulaman ini harus di lakukan oleh semua petani kopi supaya tanaman bisa tumbuh serempak dan berjalan sesuai dengan keinginan. Caranya dengan melakukan pengontrolan secara intensif selama kurang lebih 6 bulan lamanya sejak bibit di tanam.

2. Proses pemupukan susulan

Proses pemupukan budidaya kopi robusta bertujuan untuk menjaga kestabilan unsur hara atau organik yang terkandung di dalam tanah. Hal ini sangat penting untuk menopang pertumbuhan tanaman kopi robusta berjalan dengan baik. Pemupukan bisa memakai pupuk kompos dengan dosis 20 kg/tanaman.

3. Pemangkasan atau pembersihan tunas adventif

Proses perawatan selanjutnya ialah dengan memangkas tunas adventis atau tunas air. Nah kunci sukses agar budidaya kopi robusta berbuah lebat adalah dengan melakukan pemangkasan tunas air pada tanaman. Jenis tunas ini umumnya tumbuh di selah selah batang yang mengakibatkan tanaman menjular tinggi keatas.

f. Proses Panen

Idealnya waktu panen pada budidaya kopi robusta saat tanaman telah menginjak usia 3 tahun sesudah tanam. Untuk pertama kali tanaman akan berbuah, dan puncak kopi akan berbuah lebat atau sering di sebut panen raya merupakan ketika kopi sudah berusia 7 – 9 tahun. apabila anda di dalam menanam kopi melakukan cara dengan baik dan teliti seperti diatas, besar kemungkinan hasil yang akan anda dapat memuaskan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *