Kategori
Pertanian

Cara Budidaya Kol dengan Mudah

Cara Budidaya Kol dengan Mudah

Cara Budidaya Kol dengan Mudah – Sayur kol termasuk spesies tanaman Brassica, di mana ia masih satu suadara dengan tanaman sawi, brokoli, dan kembang kol. Nama ilmiah dari sayur yang berupa krop ini ialah Brassica oleracea l.

Nah, jika kalian mengharapkan pertumbuhan tanaman kol yang sehat dan terhindar dari serangan hama dan penyakit, sebaiknya hindarilah menanam kol di lahan bekas tanaman Brassica.

Berikut ini merupakan langkah-langkah budidaya kol yang dapat kalian praktekkan.

Pembibitan

Untuk memperoleh pertumbuhan tanaman yang seragam, maka diharuskan untuk melakukan pembibitan terlebih dahulu. Kalian bisa memakai seedtray dari plastik atau nampan dari kayu sebagai tempat pembibitan.

Ada banyak pilihan benih tanaman kol yang dapat kalian peroleh di toko pertanian atau juga marketplace online. Sejumlah merk benih tanaman kol di antaranya: Panah Merah, Known You Seed, Chia Tai, Sakata, dan Grand 22 Bisi.

Kebutuhan benih untuk setiap 1 hektar lahan setidaknya 200-250 gram. Tanamlah benih itu ke dalam kotak pembibitan yang telah diisi dengan media tanam berupa campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1.

Persiapan Lahan Budidaya

Tanaman kol bisa tumbuh di berbagai kondisi lingkungan, mulai dari dataran rendah hingga dataran tinggi, yakni 200 mdpl hingga 2000 mdpl. Nah, pilihlah benih yang sesuai dengan altitude atau ketinggian lahan kalian dari permukaan laut sampai saat sudah ditanam, pertumbuhannya bisa optimal.

Perawatan dan Pemupukan Susulan

Pertumbuhan tanaman kol yang cepat harus diimbangi dengan asupan nutrisi dan kelembaban tanah yang memadai. Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk menanam kol di awal musim hujan atau di awal musim kemarau. Diharapkan selama pertumbuhannya, tanaman ini mendapatkan suplai air yang mencukupi.

Lakukan pemupukan susulan saat tanaman sudah mencapai umur 4 minggu. Untuk tiap 1 hektar lahan, gunakan campuran pupuk kimia Urea sebanyak 50 kg, ZA 125 kg, SP-36 125 kg dan KCL 100 kg. Benamkan campuran pupuk tersebut di sekitar perakaran tanaman atau radius 10-15 cm dari batang tanaman.

Pencegahan Penyakit

Mungkin kalian pernah mendengar manfaat tanaman refugia. Ya, tanaman refugia merupakan jenis bunga-bungaan yang dapat mencegah serangan hama dan penyakit. Tanaman seperti bunga matahari, kenikir, dan aster dapat mengundang predator dan parasitoid ke lahan pertanian kita.

Panen dan Distribusi

Tanaman kol dapat mulai dipanen setelah berumur 65-75 HST. Dengan perawatan yang baik, potensi panen yang bisa kalian peroleh untuk setiap 1 hektar lahan adalah sebanyak 20-40 ton. Sebaiknya proses panen dilakukan di pagi hari saat cuaca sedang cerah.