Kategori
Berkebun

5 Kesalahan Umum Dalam Berkebun Yang Wajib Dihindari

Kesalahan Berkebun – Berkebun ternyata bukanlah kegiatan asal tanam di tanah. Karena ada banyak sekali hal yang harus kamu pahami ketika berkebun. Bagi untuk kamu yang pemula maka kamu harus mempelajari kesalahan umum dalam berkebun agar bisa sukses nanti kedepannya.

Baca Juga: 4 Cara Berkebun Di Halaman Rumah Sempit

Seperti halnya mahluk hidup, tanaman juga punya kebutuhan yang spesifik soal faktor-faktor yang diperlukan untuk menunjang kehidupnnya. Mulai dari tanah, matahari, air dan lain-lain berbeda juga kebutuhannya. Hal ini lah yang sering kurang diperhatikan oleh pemula saat download idn poker.

Untuk itu kamu bisa hindari beberapa kesalahan umum berkebun berikut ini.

1. Mengabaikan Kondisi Lingkungan

Salah satu hal paling penting dalam mulai berkebun adalah mengamati kondisi lingkungan. Ketahui arah datangnya cahaya matahari dan bagaimana letak kebun atau lokasi untuk menanam.

Cari tahu juga berapa lama paparan sinar matahari di bagian barat, timur, selatan, atau utara rumah. Di sisi mana saja pot bisa ditaruh. Selain itu, perhatikan akses untuk sumber air, pastikan tidak jauh dari lokasi menanam.

2. Tidak Siapkan Tanah Yang Subur

Tanah yang gembur dan subur adalah kunci perkembangan tanaman. Jangan asal pakai media tanam atau tanah liat. Pastikan tanah bisa menyimpan air, mengandung nutrisi, sekaligus gembur. Caranya, campur tanah, pupuk, sekam basah, dan sekam bakar dengan perbandingan 1 : 1 : 1 : 1.

3. Terlalu Banyak / Sedikit Menyiram

Seperti juga halnya kebutuhan akan sinar matahari, kebutuhan air tanaman pun berbeda-beda. Kebanyakan kita sekadar menyiramnya, tanpa dengan pasti tahu kebutuhan tanaman.

Untuk tanaman yang ditanam di tanah, sirami sampai tanah benar-benar basah. Untuk yang ditanam di pot, siram secukupnya sampai tanah terlihat menetes dari lubang di bawah. Air tidak boleh menggenang di pot karena terlalu banyak air dapat membuat akar busuk.

Idealnya tanaman disiram 1 sampai 2 kali per hari, pada pagi hari sebelum pukul 9 dan sore setelah pukul 16. Jangan lupa juga, ketika kita bepergian dan di rumah tidak ada orang, kecukupan air tanaman juga harus tetap terjamin. Misalnya, dengan membuat sistem penyiraman otomatis.

4. Tidak Mengantisipasi Hama / Serangga

Serangga, ulat, atau hama mungkin akan mendatangi daun-daun sayuran yang kita tanam. Tidak terlalu perlu menggunakan pestisida, apalagi yang tidak alami. Kita bisa memberi tanaman pengalih, misalnya tanaman bunga di samping sayuran kita. Dengan begitu, serangga bisa makan dari tanaman bunga itu.

5. Menanam Tanaman Yang Jarang Dikonsumsi

Kesalahan umum dalam berkebun selanjutnya adalah asal menanam tanaman. Memang, ketika ide untuk berkebun terasa menggoda, kamu pasti cenderung untuk tidak memedulikan jenis tanamannya.

Sebaiknya, jangan asal membeli atau menanam banyak bibit atau benih. Tanamlah yang gemar kamu sekeluarga konsumsi. Dengan begitu, kita pun bersemangat merawatnya dan kebun pun membawa manfaat yang optimal.

Baca Juga: Tips Menanam Hidroponik Pakai Botol Bekas

Itulah tadi beberapa kesalahan umum dalam berkebun. Semoga dengan artikel diatas bisa menambah wawasan dan informasi terbaru buat kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *