Kategori
Berkebun

5 Hal Ini Harus Kamu Perhatikan Saat Memulai Berkebun

5 Hal Ini Harus Kamu Perhatikan Saat Memulai Berkebun

5 Hal Ini Harus Kamu Perhatikan Saat Memulai Berkebun – Di masa pandemik seperti sekarang ini, aktivitas berkebun nampaknya menjadi salah satu kegiatan favorit banyak orang. Berkebun memiliki banyak manfaat. Kamu tidak harus merasa khawatir akan kualitas buah atau sayur jika kamu menanamnya sendiri.

Bahkan kamu dapat menghemat pengeluaran. Atau bagi kamu yang ingin menanam bunga, kamu akan mendapatkan rumah mu yang lebih berwarna.

Buat kamu yang masih bingung bagaimana untuk memulai berkebun, kami sudah menyediakan beberapa tips yang bisa kamu ikuti. Yuk simak ulasan aplikasi idn poker open card terbaru berikut ini!

1. Tentukanlah lokasi kebun 

Memulai berkebun sama seperti membangun rumah, penting untuk menentukan lokasinya. Misalnya saja di depan rumah, samping rumah, belakang rumah atau di lahan khusus. Usahakan untuk memilih lokasi kebun yang dapat kamu lihat secara teratur. Hal ini akan memungkinkan kamu untuk rajin merawatnya.

2. Gunakan pot 

Jika kamu tidak memiliki banyak ruang untuk berkebun, kamu dapat menggunakan wadah sebagai tambahan tempat penanaman. Banyak sayuran, buah, bunga bahkan pohon dapat tumbuh subur saat ditanam dalam pot. Kamu hanya perlu memastikan bahwa pot kamu cukup besar untuk menopang tanaman. Kemudian pastikan kamu memeriksa kekeringan tanah setidaknya setiap dua hari sekali.

3. Pilih tanaman yang mudah ditanam dan dirawat 

Sebagai permulaan, pilih tanaman yang proses tumbuh awalnya mudah. Kamu bisa menanam bayam atau kangkung untuk memulai berkebun. Jika kamu tertarik dengan bunga, maka bunga petunia, vinca dan aster bisa dijadikan sebagai pilihan.

4. Pastikan dekat dengan sumber air 

Salah satu tips berkebun yang baik adalah merencanakan kebun mu berada dekat dengan sumber air. Pastikan kamu dapat mengalirkan selang ke lokasi kebun sehingga tidak perlu membawa air setiap kali menyiram tanaman.

Tips hemat penggunaan air yang bisa kamu lakukan adalah dengan menampung air hujan. Jaga agar wadah penampungan tertutup untuk mencegah nyamuk berkembang biak. Ini adalah salah satu cara yang akan membantumu menghindari tagihan air yang tinggi, terutama di musim kemarau.

5. Gunakan kompos 

Kompos adalah bahan organik yang dapat ditambahkan ke kebun untuk membantu tanaman tumbuh. Tidak perlu mahal, kamu bisa membuatnya dari limbah dapur seperti cangkang telur, ampas kopi dan kulit pisang. Daripada dibuang, mending dimanfaatkan, kan?