Kategori
Berkebun

3 Cara Ini Bantu Siasati Berkebun di Tengah Kota, Bisa kok!

3 Cara Ini Bantu Siasati Berkebun di Tengah Kota, Bisa kok!

3 Cara Ini Bantu Siasati Berkebun di Tengah Kota, Bisa kok! Isu kualitas udara yang buruk apalagi bagi yang tinggal di perkotaan memang sudah menjadi makanan sehari-hari. Pemerintah pun sangat sering meghimbau warga menggunakan transportasi umum sebagai salah satu solusi atas pencemaran udara. Tetapi bukan hanya pemerintah, masyarakat pun dapat berperan aktif dalam mengurangi permasalah udara yang semakin hari semakin kotor.

Dengan memanfaatkan lahan kosong yang tersedia di tempat tinggal bisa menjadi solusi, mulai dari yang tinggal di apartemen bertingkat hingga rumah tapak juga bisa loh. Berikut tiga cara untuk mengurangi polusi udara jika tinggal di perkotaan:

1. Jika memilikii rooftop atau balkon, manfaatkan lahan untuk bercocok tanam

Jika kamu tipikial orang yang senang tinggal di ketinggian atau tinggal di apartemen, memanfaatkan balkon sebagai area bercocok tanam bukan hal yang aneh lagi. Sekarang, kekurangan akan lahan bukan masalah serius lagi, pasalnya banyak media tanaman yang dpat digunakan dalam mengatasi kekurangan lahan tersebut.

2. Tanaman hidroponik juga bisa jadi solusi lho!

Bagi kamu yang tidak mempunyai taman belakang rumah atau balkoni, jangan sedih! Kamu tetap bisa berkontribusi dalam mengurangi polusi udara lho, caranya dengan menggunakan konsep tanaman hidroponik yaitu memanfaatkan pipa paralaon sebagai media tanaman yang tentunya sudah dilapisi bahan yang mirip tanah agar tanaman hidup. Penempatan hidroponik juga cukup mudah, pasalnya hidroponik bisa dipasang di dinding sehingga tidak membutuhkan ruang yang terlalu luas.

3. Rumah tapak juga bisa go-green

Selain dua lokasi sebelumnya, persebaran rumah dengan konsep cluster juga banyak di perkotaan apalagi di daerah pinggiran kota. Biasanya rumah-rumah dengan konsep cluster memiliki kebun belakang atau backyard, nah tempat tersebut sangat cocok untuk bercocok tanam karena biasanya backyard sudah berupa tanah dan siap untuk ditanami.

 bagaimana apakah kamu tertatik buat berkebun? kegiatan 1 ini tidak akan menyita waktumu kok. justru membuat kamu akan merasa happy.. semoga sukses ya guys! terima kasih..