Kategori
Berkebun

Berkebun di Rumah, Sayuran Ini Bisa Dipanen dalam Waktu Singkat Lho!

Berkebun di Rumah, Sayuran Ini Bisa Dipanen dalam Waktu Singkat Lho!

hot thread fbz5906mjrdw - Berkebun di Rumah, Sayuran Ini Bisa Dipanen dalam Waktu Singkat Lho!Berkebun di Rumah, Sayuran Ini Bisa Dipanen dalam Waktu Singkat Lho! Untuk menanam sayuran dalam waktu singkat, kamu perlu waktu sekitar 30 hari sejak menanam hingga panen. Kalau dihitung-hitung, dari awal kamu di rumah aja sampai sekarang harusnya sudah panen dong, ya?

Daripada bosan di rumah aja, mending cobain menanam sendiri lima sayuran di bawah ini. Sebagai tambahan, kamu gak perlu punya lahan yang luas buat menanamnya. Bahkan, di kosan atau apartemen pun bisa.

1. Wortel 

klasifikasi wortel 1 - Berkebun di Rumah, Sayuran Ini Bisa Dipanen dalam Waktu Singkat Lho!

Menanam wortel perlu waktu. Jika kamu punya waktu 30 hari saja untuk memanen tanaman, baby carrot bisa kamu dapatkan. Wortel yang masih imut dan muda enak kan dibuat sebagai side dish dari makan steak bikinan sendiri. Gak perlu repot untuk memotongnya dan rasanya lebih manis.

Tanam biji wortel di dalam tanah, dan siram secara rutin. Kalau kamu ragu untuk langsung menanamnya di dalam tanah, kamu bisa merendam terlebih dahulu bijinya. Lalu baru tanam ke dalam tanah. Bisa juga ke dalam gelas plastik bekas air mineral.

2.Kangkung 

Kangkung Darat atau Kangkung Cabut 678x381 - Berkebun di Rumah, Sayuran Ini Bisa Dipanen dalam Waktu Singkat Lho!

Sayuran yang satu ini juga bisa dipanen dalam waktu 30 hari, lho. Kebayang gak sih segarnya kangkung yang dipetik langsung dari hasil tanam sendiri? Tanam biji kangkung ke dalam tanah, siram dan tunggu hingga 30 hari ke depan. Ingat, jika sudah tumbuh daun, siram secara rutin ya. Karena tanaman kangkung suka banget dengan air.

3. Daun bawang 

1 bf731aa2735fcb4dc2454bd35dc89494 - Berkebun di Rumah, Sayuran Ini Bisa Dipanen dalam Waktu Singkat Lho!

Kamu bisa menanamnya di dalam tanah ataupun di air. Bisa menanam dari sisa memasakmu terdahulu, lho. Daun bawang akan tumbuh subur jika kebutuhan airnya terpenuhi. Hindarkan daun bawang dari sengatan matahari langsung agar tumbuh sehat dan subur serta gak ‘gosong’. Tiga sampai empat minggu kemudian, kamu sudah bisa memanen daun bawang untuk memasak.

4. Bayam 

1 db48744048e75cab5d33c525683b8f2e - Berkebun di Rumah, Sayuran Ini Bisa Dipanen dalam Waktu Singkat Lho!

Menanam bayam mulai dari biji ternyata gak butuh waktu yang lama banget. Sekitar 4-5 minggu kamu bisa memanennya. Tanam biji bayam di dalam tanah, pot, atau polybag, siram secara rutin dan tunggu hingga tumbuh besar. Dengan sedikit kesabaran, kamu akan bisa memanen daun bayam segar langsung dari kebunmu.

5. Selada 

Cara Budidaya Selada Keriting Organik - Berkebun di Rumah, Sayuran Ini Bisa Dipanen dalam Waktu Singkat Lho!

Membayangkan enaknya daun selada segar yang crunchy dipanen dari kebun sendiri. Kamu bisa menanam selada dari sisa batangnya. Tumbuhkan di dalam air terlebih dahulu atau langsung menanamnya langsung di dalam tanah. Tanaman selada juga fleksibel kok, dia bisa ditanam secara konvensional atau hidroponik. Tinggal pilih yang paling mudah menurutmu. Sekitar 30 hari, selada bisa dipetik daunnya.

Wah, lumayan juga ya daripada gak ada kegiatan selama di rumah aja. Yang penting bukan jumlah sayuran yang bisa dipanen, namun kamu juga bisa berlatih lebih sabar dan telaten dalam merawat tanaman. Mau coba menanam sayuran sendiri?

Kategori
Society

Terlilit Utang, Emak-emak ini Gadaikan Motor Pinjaman

Terlilit Utang, Emak-emak ini Gadaikan Motor Pinjaman

Terlilit Utang, Emak-emak ini Gadaikan Motor Pinjaman – Satreskrim Polresta Banyumas, Jawa Tengah menangkap seorang ibu rumah tangga karena menggadaikan satu unit sepeda motor pinjaman.

Pelaku berinisial DA (28), warga Kelurahan Arcawinangun, Kecamatan Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas, ditangkap pada, Rabu (8/7/2020). Pelaku di tangkap ketika berada di rumahnya.

“Saat ini yang bersangkutan masih menjalani pemeriksaan lebih lanjut di Mapolresta Banyumas,” kata Kapolresta Banyumas Kombes Whisnu Caraka melalui Kasatreskrim AKP Berry.

Ia mengatakan penangkapan tersebut dilakukan berdasarkan laporan korban atas nama Irena Yuliasih, warga Kelurahan Berkoh, Kecamatan Purwokerto Selatan, setelah mengetahui sepeda motornya digadaikan oleh DA.

Menurut dia, kejadian tersebut berawal dari kedatangan DA ke rumah korban untuk meminjam sepeda motor dengan alasan akan digunakan untuk menemui suami pelaku.

DA mengaku akan menemui suaminya untuk mengambil uang yang akan digunakan membayar utang kepada korban.

Korban pun meminjamkan sepeda motor berikut surat tanda nomor kendaraannya (STNK) kepada pelaku.

Tetapi, ternyata sepeda motor tersebut tidak digunakan untuk menemui suami pelaku, melainkan digadaikan kepada seseorang di wilayah Banyumas.

Terkait dengan laporan tersebut, Kasatreskrim mengatakan pihaknya segera melakukan penyelidikan dan mengamankan DA berikut satu unit sepeda motor Yamaha Mio milik korban yang telah digadaikan oleh pelaku.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, pelaku mengaku menggadaikan sepeda motor itu sebesar Rp1,5 juta karena terlilit utang,” katanya lagi.

Ketika di tanya oleh tim penyidik, Tersangka mengaku terpaksa melakukan aksi tersebut karna terliit hutang yang cukup besar oleh seorang raintenir. Dan bila tidak segera di lunasi, Raintenir itu mengatakan akan menyita rumah tersangka beserta isinya.

Ia mengatakan pelaku beserta barang bukti berupa sepeda motor Yamaha Mio milik korban dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) serta STNK atas nama Irena Yuliasih telah disita di Mapolresta Banyumas untuk penyidikan lebih lanjut.

Menurut dia, pelaku bakal dijerat dengan Pasal 372 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana dengan ancaman hukuman paling lama 4 tahun penjara.

Kategori
Bisnis

Daftar Franchise Kuliner yang Lagi Booming Sekarang

Daftar Franchise Kuliner yang Lagi Booming Sekarang

Daftar Franchise Kuliner yang Lagi Booming Sekarang – Dunia bisnis kuliner memang menarik banyak pebisnis untuk terjun di dalamnya. Namun, kerap juga ada orang yang ingin memulai bisnis kuliner, tetapi khawatir soal bahan baku dan produk yang akan mereka jual. Teruntuk kekhawatiran semacam itu, mungkin skema bisnis franschise atau kemitraan dapat jadi solusinya.

Berikut Download IDN Poker kuliner yang bisa menjadi pilihan Anda untuk memulai bisnis, enggak memerlukan modal sampai puluhan juta juga kok.

  1. Teh Segerrr Rp5,5 juta – 7 juta

Dengan modal Rp5,5 juta sampai Rp 7 juta Anda sudah bisa berbisnis minuman teh segerrr yang diminati berbagai kalangan usia loh.

“Bisnis minuman teh termasuk bisnis yang menjanjikan. Sebab masuk keseluruh jenis usia mulai dari anak-anak hingga orang tua,” kata Danny Waskita, pemilik bisnis waralaba teh dengan merek Teh Segerrr.

Dengan mengeluarkan kocek sebesar itu, Anda sudah mendapatkan perlengkapan usaha dan bahan baku yang akan dijual.

  1. Pee Bee Rp3 juta

Selanjutnya masih dengan franchise minuman nih. Kali ini ada franchise minuman aneka rasa, seperti cokelat, mangga, vanilla, strawberry, green tea, taro, cappucino, bubble gum. Franchise ini hanya membutuhkan modal Rp3-5 juta.

Franchisor ini menawarkan paket kemitraan 3 pilihan, dengan yang termurah Rp3 juta. Pada paket ini Anda sudah mendapatkan perlengkapan usaha seperti 1 buah blender, 3 buah box topping, 6 buah box bubuk, 150 cup gelas, 150 bahan bubuk, dan roll banner. 

  1. Pentol Buto Rp14 juta

Nah, kali ini kita beralih ke bisnis makanan. Bagi Anda yang ingin memiliki bisnis kuliner franchise pentol buto ini bisa menjadi pilihan. Pentol sendiri adalah sebutan untuk makanan sejenis bulatan daging atau bakso bagi warga Jawa Timur.

Pentol Buto menyediakan berbagai jenis pentol dengan harga mulai dari Rp 2.500 hingga Rp 5.000 per sajian. Harga yang menggiurkan itu dapat menarik konsumen. Anda bisa menjadikan bisnis pentol ini menjadi peluang bisnis yang menjanjikan loh.

Hanya dengan modal Rp14 juta, Anda akan mendapatkan perlengkapan usaha, bahan baku hingga booth pentol buto.

  1. Taichan Dong Bang Rp 20 juta

Siapa yang enggak tahun kuliner kekinian sate taichan? Francise kuliner yang satu ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin bisnis sate taichan tanpa pusing promosi hingga suplai bahan baku. Target pasar untuk sate taichan juga mudah loh, generasi milenial.

Saat ini, Sate Taichan Dong Bang tersebar di beberapa kota, seperti Bandung, Tanjung Pinang, Batam, dan Palembang. Pasar di luar Jakarta masih potensial karena gerai sate taichan di sana masih jarang ditemukan. Bisnis ini memiliki target konsumen pada kelas menengah, dengan harga produknya mulai dari Rp15.000 sampai Rp40.000/porsi.

Taichan Dong Bang menawarkan paket kemitraan senilai Rp20 juta dan mitra akan mendapatkan perlengkapan usaha seperti satu unit booth, perlengkapan masak, bahan baku awal 100 porsi, pelatihan dan branding

  1. Tahu Jeletot Taisi Rp 20 juta

Nah yang terakhir, ada kuliner tahu goreng tepung dengan isi yang pedas. Buat Anda pecinta pedas, bisnis ini menarik banget loh! Kuliner satu ini tidak termakan oleh trend ya, dan terus menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Apalagi orang Indonesia hobi banget makan pedas.

Tahu Jeletot Taisi menawarkan paket usaha dengan modal Rp20 juta. Dengan modal segitu mitra akan mendapatkan 1 unit gerobak aluminium, 1 set banner gerobak, 2 kaos seragam, 5 pak produk tahu, 5 bungkus tepung. Dapat juga kertas bungkus, dan 50 kotak taisi, hingga peralatan lainnya sebanyak 32 item.

Tercatat hingga saat ini outlet Tahu Jeletot Taisi sudah mencapai 255 outlet yang tersebar di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Cirebon, dan Yogyakarta.

Produk ini juga telah mendapatkan standar kesehatan dan sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia, serta merek sudah terdaftar di HAKI Kemenhukam. Jadi enggak usah khawatir ya, karena badan hukumnya sudah jelas.

Kategori
Berkebun

Cara Menanam Bunga Mawar dengan Stek Batang di Pot

Cara Menanam Bunga Mawar dengan Stek Batang di Pot

Cara Menanam Bunga Mawar dengan Stek Batang di Pot – Di Indonesia, menemukan mawar yang wangi memang sulit, banyak customer yang menanyakan tentang mawar kampung, mawar yang berbau sangat wangi, tapi kami sendiri belum pernah menyetok produk jenis tersebut.

Cara Menanam Mawar dari Batang Stek

Menanam mawar dari stek jauh lebih mudah dan kami rekomendasikan dibandingkan dari benihnya.

Mawar akan lebih cepat tumbuh dari ketiak ruas-ruas batang, dibandingkan perkecambahan dari biji.

Karena, menanam mawar dari biji membutuhkan waktu minimal 60 hari sampai biji mawarnya berkecambah.

Alat dan Bahan

Berikut berbagai alat dan bahan yang Anda perlukan untuk menanam mawar dengan stek batang, selain batang dari mawar itu sendiri.

  • Satu toples air
  • Pisau atau gunting tanaman
  • Pot atau wadah tanam lainnya
  • Media tanam (tanah, pupuk kandang, kompos – 1:1:1)
  • Pensil atau ranting pohon.
  • Hormon penumbuh akar atau ZPT (opsional)
Langkah-langkah Penanaman
  • Tahapan dalam menanam stek batang mawar (rose cuttings) adalah sebagai berikut.
  • Potong batang pohon mawar sepanjang 15-20 cm
  • Masukkan batang pohon mawar sesaat sesudah dipotong ke dalam air.
  • Lubangi media tanam dalam pot menggunakan pensil atau ranting pohon. Usahakan kedalamannya kurang dari setengah dari tinggi batang mawar yang sudah dipotong.
  • Sebelum ditancapkan ke dalam lubang,
  • Tancapkan batang mawar yang telah dipotong dan dibuang daunnya tadi ke dalam media tanam.
Cara Menanam Stek Mawar Dengan Kentang

Selain cara konvensional yang kami jabarkan diatas, sebetulnya banyak orang yang juga menanam stek batang mawar langsung dengan ditancapkan pada umbi kentang.

Mengapa harus kentang? Karena kadar air di dalam kentang pas, bisa menyokong akar tumbuh prima pada pangkal cutting batang mawar yang telah ditancapkan di dalamnya.

Tips Tambahan

Berikut ini adalah tips-tips tambahan agar teknik penanaman mawar Anda berhasil:

  • Lebih baik lakukan stek batang ini di pagi hari agar tanaman masih segar.
  • Selalu gunakan pisau atau gunting yang steril.
  • Untuk mensterilkan gunting atau pisau, bisa menggunakan alkohol.
  • Stek batang mawar membutuhkan drainase yang baik. Air tidak boleh menggenangi pot. Media tanam harus gembur.
  • Simpan di tempat yang terkena sinar matahari, namun bukan sinar matahari langsung.
  • Sinar matahari langsung dapat membuat daun-daun mawar terbakar.
  • Lebih baik menggunakan pot yang kecil terlebih dahulu, sebelum memindahkannya ke pot yang lebih besar setelah stek mawar tumbuh dengan sempurna.
Kategori
Berkebun

Rempah-Rempah Tanam Sendiri di Rumah

Rempah-Rempah Tanam Sendiri di Rumah

Rempah-Rempah Tanam Sendiri di Rumah – Di tengah wabah Covid-19 ini, sudah seharusnya kita memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Pasalnya, ketika imunitas tubuh melemah, penyakit pun lebih mudah untuk menyerang.

Salah satu cara untuk memiliki imun yang bagus adalah dengan mengonsumsi rempah-rempah. Sejak dulu, rempah tradisional memang terkenal mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Bahkan, mantan pasien corona di Solo, Jawa Tengah, yang telah dinyatakan sembuh, mengaku bahwa resepnya untuk menjaga daya tahan tubuh adalah dengan mengonsumsi minuman empon-empon, jamu khas Jawa.

Popularitas rempah-rempah naik, harga pun ikut melambung

Lantaran popularitasnya yang meroket di masa corona ini, harga rempah-rempah pun ikut melambung tinggi.’ Misalnya seperti jahe merah, yang sebelumnya dibanderol dengan harga Rp25 ribu per kilogram, kini dijual seharga Rp80 ribu per kilogram.

Begitu juga dengan temulawak, kunyit, bawang putih, dan berbagai jenis rempah tradisional lainnya yang ikut mengalami lonjakan harga.

Menanam rempah-rempah sendiri merupakan solusi bijak

Lalu bagaimana? Kamu membutuhkan rempah tradisional untuk menjadi obat penangkal virus corona. Tapi di sisi lain, harganya yang bahkan lebih mahal dibandingkan bahan makanan pokok tentu membuat banyak orang berpikir dua kali.

Dengan begitu, kamu tak perlu lagi membelinya dengan harga mahal. Tinggal petik di kebun sendiri, maka tubuh dan kantong pun menjadi sehat!

Nah, rempah tradisional apa saja ya yang mudah untuk ditanam di halaman rumah?

Rempah-rempah yang mudah ditanam di rumah
Jahe

Di dalam jahe, terdapat kandungan protein, vitamin, dan zat bioaktif sehingga tanaman obat satu ini dipercaya dapat menangkal virus dan kuman jahat dari luar tubuh, termasuk virus COVID-19.

Selain dijadikan bahan minuman jamu, jahe juga bisa menjadi bahan masakan. Mulai dari masakan sehari-hari seperti sop, ikan, ayam, hingga kue.

Untuk menanam jahe di rumah, siapkan sepotong jahe. Jangan lupa untuk memilih yang memilih potongan jahe yang memiliki mata. Nantinya, mata tersebut akan tumbuh menjadi daun

Tanam jahe tersebut di dalam media tanam, dan siram secara rutin. Pastikan tanaman jahe tidak terlalu terguyur air ketika hujan, dan pastikan jahe mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Kunyit

Kunyit merupakan salah satu rempah-rempah yang banyak fungsinya. Selain untuk dijadikan obat tradisional, kunyit juga bisa menjadi bahan masakan, bahkan bahan kosmetik.

Persediaan kunyit di kebun tentunya akan sangat membantu kamu yang kerap memanfaatkan tanaman ini.

Cara menanam kunyit di rumah mirip dengan cara menanam jahe. Cukup siapkan sepotong kunyit, lalu tanam ke dalam tanah yang sudah dicampur media tanam.

Bahkan, kamu bisa menanam kunyit di dalam ruangan, selama mendapatkan kebutuhan air dan sinar matahari yang cukup.

Cabai rawit

Kalau tanaman yang satu ini tak perlu diragukan lagi. Semua orang pasti membutuhkan kehadiran cabai rawit di rumahnya. Sayangnya, rempah satu ini harganya sangat fluktuatif. Bisa normal, dan bisa tiba-tiba melonjak hingga dua kali lipat.

Untuk menanam cabai di rumah, rendam biji cabai rawit ke dalam air bersih dan pilih biji yang tenggelam. Jemur biji tersebut selama tiga hari hingga kering sebelum ditanam. Cangkul tanah dengan kedalaman 40 cm, buatkan bedengan dengan lebar 100 – 110 cm, tinggi 30 – 40 cm.

Cabai rawit pun bisa langsung dipanen setelah 2,5 bulan – 3 bulan pasca ditanam.

Ketumbar

Coriander alias ketumbar bisa dimanfaatkan untuk masakan sehari-hari di rumah. Misalnya bijinya yang bisa dibuat bacem, dendeng, ayam bakar, atau bacem. Sedangkan daunnya, bisa digunakan untuk sop atau soto ayam.

Cara menanam ketumbar di rumah sanat sederhana. Masukkan biji ke tanah sedalam ¼ inci. Letakkan di tempat yang teduh karena tanaman ketumbar tidak memerlukan sinar matahari penuh.

Daunnya bisa dipanen sekitar 60-75 hari setelah ditanam, sedangkan bijinya matang dalam waktu 100 hari.

Lengkuas

Lengkuas tak bisa dipisahkan dari makanan khas Indonesia. Sebut saja rendang, empal, ayam goreng kuning, semua membutuhkan lengkuas. Cara menanamnya sangat mudah. Pilih bibit lengkuas dari tanaman yang sudah tua dan bebas dari hama.

Patahkan bibit lengkuas menjadi 4 bagian. Biasanya, terdapat sekitar 3-4 mata tunas. Jemur mata tunas tersebut dalam sehari. Buat lubang kira-kira 10-15 cm, dan masukkan bibit lengkuas tadi dengan posisi tunas menyembul di atas.

Tutupi dengan tanah, tapi pastikan tunas lengkuas tidak tertutup. Sirami dengan air secukupnya.

Kencur

Aroma khas dari kencur bisa membuat aroma masakan seperti seblak, urap, dan opor lebih sedap. Menanam kencur mirip-mirip dengan menanam lengkuas. Kamu perlu mencari bibit kencur yang berusia tua namun tetap segar dan sehat.

Biarkan hingga 1-2 minggu sampai muncul tunasnya, lalu tanam di dalam tanah. Letakkan tunas kencur di tanah dengan kedalaman 20-30 cm. Kencur bisa dipanen dalam waktu 8-12 bulan setelah ditanam.

Kategori
Berkebun

Cara Menanam Jahe Merah

Cara Menanam Jahe Merah

Cara Menanam Jahe Merah – Jahe merah adalah salah satu jenis tanaman obat yang memiliki banyak manfaat. Jadi jangan heran jika jahe ini diminati oleh banyak kalangan. Permintaan pasar pun meningkat dari tahun ke tahun.

Selain banyak manfaatnya, jahe merah juga memiliki harga jual yang cukup tinggi. Begitu banyak petani mulai membudidayakan jahe merah. Tumbuhnya jahe merah tidak membutuhkan sumber dana yang besar. Namun, hasil jahe merah bisa menjadi sangat besar.

Budidaya jahe merah belakangan ini banyak diminati oleh para petani, karena dengan membudidayakannya banyak manfaat yang bisa diperoleh, jahe merah selain bisa dimanfaatkan untuk tanaman obat, peluang bisnis budidaya jahe merah juga masih terbuka lebar, karena permintaan pasar akan jahe merah masih terbilang tinggi.

Budidaya jahe merah tidak harus dilakukan pada lahan yang luas, pada lahan yang sempit sekalipun masih bisa dilakukan.

Menanam jahe merah selain bisa dilakukan pada areal persawahan, dapat pula dilakukan pada media karung ataupun polybag yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda.

SYARAT TUMBUH JAHE MERAH

Ada beberapa karakteristik yang harus terpenuhi untuk menanam jahe merah, antara lain:

  • Jahe merah tumbuh pada iklim dengan curah hujan 2.500 hingga 4.000 mm per tahun
  • Jahe merah yang masih muda yang berusia 2 – 7 bulan membutuhkan matahari yang cukup sehingga harus berada di tempat yang terbuka dengan suhu udara sedang antara 20 hingga 35 derajat celcius.
  • Rentang derajat keasaman tanah pada pertumbuhan jahe merah cukup tinggi, yakni 4,3 sampai 7,4 dan tumbuh di jenis tanah gembur yang mengandung humus.
PERSIAPAN MEDIA TANAM

Seperti yang disebutkan di atas, media tanam yang digunakan adalah karung bekas atau polybag. Karung berukuran besar akan membuat hasil panen jahe merah semakin besar. Namun, disarankan untuk memakai karung dengan ukuran 40×50 cm.

Siapkan tanah, pupuk organik, dan pasir dengan perbandingan 2:1:1 atau 3:2:1.

PROSES PEMBIBITAN

Proses pembibitan jahe merah ini terdiri dari beberapa langkah, diantaranya:

  • Persiapan pembibitan

Agar mendapatkan hasil panen yang optimal salah satunya dilakukan dengan bibit yang berkualitas.

Bibit berkualitas adalah bibit yang memenuhi syarat mutu genetik, mutu fisiologik (persentase tumbuh yang tinggi), dan mutu fisik (bibit yang bebas hama dan penyakit).

Bibit jahe merah berasal dari jahe yang sudah tua ( berumur 9-10 bulan ) dan tidak ada tanda pembusukan pada jahe tersebut dan pastikan tidak terdapat lecet pada rimpang yang biasanya terjadi saat penggalian.

Rimpang jahe yang baru dipanen dijemur sementara (tidak sampai kering), kemudian disimpan sekitar 1-1,5 bulan.

Jangan menyimpan rimpang untuk bibit terlalu lama karna akan mempengaruhi mutu bibit jahe merah. Potonglah rimpang yang akan dijadikan bibit dengan cutter yang bersih dan steril, dimana setiap potongan memiliki 3-5 mata tunas.

  • Pengecambahan

Pada proses ini kita harus memeriksa apakah ada serangan jamur pada bibit jamur merah. Rendam bibit pada larutan fungisida (misalnya Dithane M-45) selama 15 menit.

Atau Anda cukup merendam sebentar bibit jahe merah lalu meletakkannya pada tempat yang lembab agar kecambah muncul. Periksa bibit jahe tersebut secara teratur jika terdapat rimpang yang busuk maka sebaiknya buang dan jauhkan dan juga basahi/siram setiap hari hingga kecambah muncul. Biasanya butuh waktu 2 minggu.

  • Penyemaian

Proses penyemaian jahe merah biasanya digunakan menggunakan peti kayu. Cara melakukannya cukup mudah, letakkan bibit jahe merah pada peti kayu, berikan sekam padi atau abu gosok, benih akan tumbuh setelah 2-4 minggu.  Bibit yang sudah siap tanam adalah bibit yang telah bertunas sekitar 5 – 10 cm. Lalu rimpang yang tersisa bisa ditanam kembali di tempat penyemaian agar tumbuh bibit baru.

Kategori
Travel

Wisata yang wajib kamu kunjungi selama perjalanan ke bali

Wisata perjalanan ke bali

Wisata yang wajib kamu kunjungi selama perjalanan ke bali – Saat merencanakan liburan ke pulau Bali, saya yakin sebagian besar dari anda, pasti akan mencari aktivitas liburan menarik dan tempat wisata yang wajib di kunjungi saat liburan di pulau Bali. Lalu apa saja tempat wisata di Bali yang menarik dikunjungi?

Wisata yang wajib kamu kunjungi selama perjalanan ke bali

Pantai Kuta Bali

Pantai yang satu ini wajib sekali kamu kunjungi jika berlibur ke bali. Pantai Kuta adalah objek wisata di Bali yang paling terkenal dan paling banyak dikunjungi oleh wisatawan, karena selain lokasinya yang memang sangat strategis, Pantai Kuta juga menawarkan keindahan pantai yang sangat indah, biayanyapun sangat murah, dan yang pasti ombaknya cocok untuk para peselancar pemula. Pantai Kuta juga terkenal dengan sunsetnya yang terkenal sangat indah.

Pantai Pandawa Kutuh

Daya tarik, pantai sangat bersih dan berwarna putih, ombak laut sangat tenang, tempat parkir sangat luar dan dekat pantai. Tersedia wahana permainan kano di tengah laut.
Cara terbaik menuju lokasi pantai Pandawa, mencari sewa sepeda motor atau sewa mobil + sopir + bbm di Bali.
Harga tiket masuk pantai Pandawa, Rp 8,000 / orang.
Objek wisata lain di pulau Bali yang searah dengan pantai Pandawa seperti, pantai Green Bowl & pantai Gunung Payung.

The Keranjang Bali

Kawasan wisata The Keranjang Bali hadir sebagai destinasi seru yang wajib Anda kunjungi ketika berlibur di Pulau Bali.

Mengusung konsep yang unik dan pertama di Bali, The Keranjang menawarkan pengalaman liburan baru dengan memadukan edukasi, hiburan, budaya dan teknologi menjadi satu.

Dengan membawa slogan “Bali Dalam Satu Keranjang” Anda dapat menikmati liburan praktis di Bali dengan waktu yang singkat dalam satu tempat.

Kampung Langit

Terkenal dengan sebutan “The First SkyPark in Bali”, tempat wisata baru yang berlokasi di kawasan Kuta dan masuk daftar wisata Bali wajib kalau lagi liburan di Bali.

Kampung Langit adalah wisata budaya yang menyajikan rangkaian fragmen kehidupan dari masyarakat Bali.

Menjadi tempat wisata baru di Bali yang hits dengan memadukan unsur budaya, teknologi, hiburan dan edukasi dengan disajikan secara artistik serta interaktif.

Pengunjung dibawa menyelami kehidupan khas Bali melalui 4 cara yakni pertunjukan drama tari, parade seni dari warga Kampung Langit, tatanan interior dan aktivitas seperti keterampilan menciptakan karya seni dan permainan anak.

Pura Tanah Lot

Daya tarik, pemandangan unik pura yang berada di tengah laut, pemandangan sunset dan sarana penunjang pariwisata sangat lengkap.

Pura Tanah Lot adalah salah satu tempat wisata di Bali yang terkenal dengan keindahannya, terutama pada saat matahari terbenam. Pura Tanah Lot yang terdiri dari 2 buah pura yang merupakan pura tempat memuja dewa laut.

Keunikan dari Pura Tanah Lot adalah lokasi pura yang berada di atas sebuah batu karang besar di pinggir laut. Pada saat air laut pasang, anda tidak dapat mendekat ke Pura Tanah Lot karena di sekitar batu karang penyangga Pura Tanah Lot akan digenangi air laut, sedangkan Pada saat air surut anda dapat melihat beberapa ular laut jinak yang menurut penduduk setempat merupakan penjaga Pura Tanah Lot. Selain itu, di lokasi ini anda juga dapat memegang ular suci tersebut, karena memang sudah dikenal jinak dan tidak berbahaya.

Kategori
Peliharaan

Hewan peliharaan yang mudah di rawat untuk semua orang

Hewan peliharaan yang mudah dirawat

Hewan peliharaan yang mudah di rawat untuk semua orang – Sejumlah riset menyebutkan bahwa memiliki hewan peliharaan dapat membuat pikiran terbebas dari stres dan menyembuhkan penyakit mental. Meski begitu, memiliki binatang peliharaan memerlukan komitmen besar dan membuatmu harus menyisihkan waktu, perhatian, uang dan tenaga untuk memeliharanya.

Akan tetapi, kamu tidak perlu bingung karena tak semua binatang peliharaan sulit untuk dipelihara.

Hewan peliharaan yang mudah di rawat untuk semua orang

Kucing

Binatang peliharaan yang kerap dijadikan meme di internet ini memang sangat menggemaskan. Bagi kamu yang tertarik mengadopsinya tak perlu khawatir akan sulit untuk merawatnya. Meskipun memiliki tingkah manja dan kerap meminta makan, tapi kamu harus disiplin dalam memberi makan supaya kucingmu terhindar dari obesitas. Jangan lupa ajak binatang peliharaan kamu untuk vaksin, memandikannya secara rutin, dan melakukan sterilisasi bila diperlukan.

Ikan cupang

Ikan mas mungkin jadi ikan peliharaan paling populer. Namun, sebenarnya, ikan cupang lebih mudah untuk dipelihara. Itu karena ikan cupang mampu beradaptasi dan bertahan hidup dalam isolasi akuarium.

Selain itu, mereka juga bisa hidup dengan air yang sedikit. Bahkan, kamu pun bisa memeliharanya tanpa filter, pemanas, atau pun bahan kimia lainnya. Kamu bisa menaruh ikan cupang pada 9 liter air dengan suhu antara 24-28 derajat Celsius.

Anjing

Terkenal memiliki karakter yang setia, anjing merupakan binatang peliharaan paling popoler di dunia. Meskipun tidak memerlukan perawatan rumit, tapi kamu yang ingin mengadopsi anjing sebagai binatang peliharaan harus selalu memberikan perhatian penuh dengan mengajaknya bermain di taman atau melakukan jogging bersama-sama.

Saat pertama kali memeliharanya, coba ajarkan anjingmu untuk buang air di tempat khusus yang sudah disediakan agar rumah tidak berantakan. Kamu juga harus tahu cara membersihkan rumah saat memelihara binatang peliharaan dengan baik. Namun, yang lebih penting jangan lupa untuk mengajak anjingmu melakukan pemeriksaan kesehatan rutin ke dokter hewan, ya agar anjingmu tetap sehat dan panjang umur.

Hewan pengerat

Hewan pengerat memang bisa dirawat dengan mudah. Namun, kamu perlu berhati-hati karena mereka bisa menggigit jika merasa terancam, salah satunya yaitu hamster. Mereka bisa menjadi hewan peliharaan terbaik karena kecerdasan mereka. Selain itu, mereka pun sangat bersahabat dengan manusia.

Sugar Glider

Binatang peliharaan ini memiliki ukuran yang mungil sehingga sangat mudah dibawa kemana-mana. Termasuk dalam anggota marsupial seperti koala, sugar glider juga memiliki rupa yang menyerupai tupai terbang. Selain itu, sugar gliderjuga merupakan binatang peliharaan yang bersifat omnivora sehingga kamu bisa memberinya makan buah-buahan atau serangga kecil sebagai sumber proteinnya. Dengan tingkah polanya yang sangat lucu, binatang peliharaan ini memiliki kemampuan melakukan bonding bersama pemiliknya sehingga cocok untuk menemani kamu setiap hari.

Kategori
Berkebun

Tips Menanam Kol atau Kubis

Tips Menanam Kol atau Kubis

Tips Menanam Kol atau Kubis – Kubis memiliki bentuk yang unik, bulat, namun tidak bulat sempurna, serta ada pula kubis dengan bentuk yang sedikit gepeng. Berdasarkan proses pertumbuhannya, mulanya kubis tumbuh seperti tanaman pada umumnya, dimana daunnya tumbuh dengan normal. Ketika sudah mulai dewasa, daun-daun tersebut akan melengkung dan tumbuh merapat. Warna kubis juga beragam. Ada kubis putih (forma alba), kubis hijau (forma viridis), dan kubis dengan warna ungu kemerahan (forma rubra).

Agar kol tumbuh dengan baik, kondisi tanah dan iklim memiliki pengaruh yang cukup besar. Tanaman kubis bisa hidup pada suhu 10-24 derajat C dengan suhu optimal 17 derajat C. Sebagian besar varietas kubis tahan terhadap cuaca dingin (kurang dari 6-10 derajat C), namun untuk waktu yang lama, kubis akan menjadi rusak kecuali koloni berdaun kecil. Tanaman kubis juga membutuhkan irigasi yang baik, baik untuk irigasi maupun drainase. Sbobet88 Casino

Diketahui bahwa kubis memiliki beragam kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti vitamin, mineral, dan sejumlah senyawa baik. Vitamin C adalah vitamin dengan kadar tertinggi selain A,B, dan E yang terkandung di dalam kubis. Hal inilah yang membuat kubis menjadi senjata ampuh untuk mencegah skorbut atau sariawan akut.

Untuk kandungan mineralnya, kubis memiliki zat besi, natrium, fosfor, kalium, dan kalsium. Meski demikian, kubis juga tidak baik jika terlalu banyak dikonsumsi oleh Anda yang memiliki permasalahan dengan lambung. Hal ini dikarenakan oleh kandungan senyawanya yang dapat merangsang peningkatan gas di lambung, yang kemudian mengakibatkan perut kembung.

Persiapan Media Tanam

Beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum menanam kubis adalah media tanamnya. Sedikit informasi, bahwa kubis dapat ditanam dengan metode hidroponik. Namun lebih lanjut dalam artikel ini akan membahas cara menanam kubis dengan media tanam tanah. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu disiapkan.

  • Tanah gembur dan kaya nutrisi
  • Pupuk kandang
  • Polybag yang sudah diberi lubang di bagian bawahnya
  • Air secukupnya
  • Cetok

Persiapan Media Tanam

Jika media tanam Anda sudah siap, jangan lupa untuk menyiapkan benih atau biji kubis yang ingin ditanam. Anda bisa mendapatkan di toko bibit tanaman terdekat atau dari petani lokal. Sebelum membeli, Anda harus menentukan terlebih dahulu jenis kubis yang ingin Anda budidayakan. Ingat, kubis tidak hanya terdiri dari satu jenis saja.

Berdasarkan warnanya, ada jenis kubis putih (forma alba), kubis hijau (forma viridis), dan kubis dengan warna ungu kemerahan (forma rubra). Sedangan berdasarkan bentuknya, terdapat kubis krop, kubis daun, kubis umbi, kubis tunas, dan kubis bunga. Ragam jenis ini tentunya memiliki sifat dan manfaat yang sedikit berbeda satu sama lainnya meskipun tidak terlalu signifikan.

Penyemaian Benih Kubis

Berikut ini adalah cara menanam kubis dalam tahap penyemaian bibit:

  • Campurlah tanah gembur yang kaya dengan nutrisi dengan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1.
  • Masukkan campuran tanah dan pupuk kandang ke dalam polybag yang telah disiapkan.
  • Buatlah sedikit lubang di bagian tengah tanah.
  • Masukkan biji kubis, maksimal dua biji di masing-masing polybag.
  • Tutuplah dengan campuran tanah yang tersisa.
  • Padatkan tanah dengan perlahan.
  • Siram tempat penyemaian dengan air secukupnya.
  • Letakkan di tempat yang teduh atau yang tidak terkena sinar matahari langsung.
  • Pantaulah perkembangan benih kubis.
  • Benih sudah siap tanam saat berumur 3 sampai 4 minggu dengan jumlah daun sekitar 4 -5 daun

Jika Anda menggunakan tempat tanam selain polybag, misalnya seperti kotak kayu atau semacamnya, Anda bisa menebar lebih dari satu benih. Namun, jangan lupa memberi sedikit jarak tanam antara benih satu dengan benih lainnya. Hal ini dilakukan guna mengoptimalkan pertumbuhan bibit satu dengan yang lain.

Kategori
Berkebun

Manfaat Berkebun di Tengah Pandemi Corona

Manfaat Berkebun di Tengah Pandemi Corona

Manfaat Berkebun di Tengah Pandemi Corona – Akhir pekan tiba, waktunya berkebun! Berkebun bukan hanya tentang membuat rumah anda terlihat bagus dan asri. Penelitian menunjukan berbagai manfaat berkebun. Mulai dari membantu penurunan berat badan dan tekanan darah hingga dapat meningkatkan suasana hati juga kesehatan mental.

Berkebun pun kini tengah jadi tren seiring pandemi Corona mengharuskan sebagian besar orang di rumah saja. Berkebun di rumah menjadi salah satu hobi yang banyak dicoba untuk mengisi kegiatan.

Supermodel Bella Hadid menghabiskan waktu di rumah perkebunannya selama pandemi virus corona. Di rumah itu dia juga berkebun. Dia sempat mengunggah aktivitasnya di Instagram saat sedang menanam bibit lavender bersama sang ibu, Yolanda Hadid.

Seperti Bella, berkebun dapat memberikan kegembiraan. Aktivitas ini dilakukan banyak orang selama masa pandemi corona yang mengharuskan semua orang di rumah saja.

Selain menyenangkan, ternyata berkebun juga memberikan manfaat kesehatan, terutama di tengah pandemi. Carla Manly, psikolog klinis dan penulis, mengatakan itu bahkan bisa menjadi bentuk meditasi.

“Kita sering berpikir bahwa untuk bermeditasi kita harus diam dan benar-benar tenang, belajar melepaskan pikiran kita dari jenis meditasi dasar itu. Kita mengalami perkembangan hal-hal lain seperti meditasi terbimbing, dan apa yang saya sebut meditasi bergerak,” kata Carla.

Ia menjelaskan tujuan meditasi adalah untuk melepaskan kekhawatiran di masa lalu dan kecemasan tentang masa depan. “Ketika kita terlibat dalam sesuatu seperti berkebun, kita sangat mampu, dalam arti meditatif, melepaskan pikiran kita dan fokus pada saat ini pada apa yang kita lakukan,” kata dia.

Carla yang juga rajin berkebun mengatakan aktivitas ini bisa sangat bermanfaat karena memungkinkan kita melihat bagaimana kita sebagai individu dapat membuat perbedaan, terutama di saat-saat seperti ini di mana kehidupan bisa terasa sangat stagnan.

“Akhir pekan lalu saya menanam biji bunga matahari,” katanya. “Saya menunggu mereka untuk memunculkan kepala kecil mereka, dan kemudian saya akan dapat melihat [bahwa] saya mempengaruhi perubahan. Saya telah melakukan sesuatu yang positif.”

Ketika Anda melakukan sesuatu yang terasa bermanfaat, Carla menjelaskan bahwa kadar dopamin dan serotonin kita meningkat. Ini membuat Anda dalam suasana hati yang lebih baik.

Berkebun tak harus dilakukan di tanah luas seperti di rumah perkebunan Bella Hadid. Anda juga bisa melakukannya di pekarangan kecil atau di pot-pot bunga, baik di dalam atau luar ruangan. Manfaatnya sama.

“Bagi sebagian orang, memiliki taman yang penuh sebenarnya bisa menyebabkan stres,” katanya. “Mungkin terasa seperti satu tuntutan terlalu banyak ketika mereka sudah memiliki jadwal yang sibuk atau anak-anak yang harus diurus. Jadi fakta bahwa mereka dapat menjaga tiga tanaman ramuan tetap hidup di ambang jendela mereka mungkin terasa seperti pencapaian besar. ”

Berkebun sebagai meditasi sangat berguna jika Anda tidak menyukai meditasi duduk tradisional. Alih-alih memaksakan diri untuk duduk dan bernapas selama 15 menit, yang dikatakan Carla dapat menimbulkan lebih banyak stres jika Anda merasa gagal, Anda harus menemukan apa yang cocok untuk Anda.

“Anda tidak perlu melakukan meditasi duduk,” katanya. “Jika Anda bisa mendapatkan manfaat menghilangkan stres yang sama dengan berjalan, merajut, berkebun, mengapa tidak? Anda tidak perlu melakukan apa yang dilakukan orang lain. “