Kategori
Society

Viral! Seorang Ibu Sengaja Tularkan Covid-19 pada Keluarganya

Viral! Seorang Ibu Sengaja Tularkan Covid-19 pada Keluarganya

Viral! Seorang Ibu Sengaja Tularkan Covid-19 pada Keluarganya – Warga Kota Semarang secara sengaja menyebarkan virus Covid-19 kepada keluarganya. Ia akhirnya diamankan oleh polisi dan Gugus Tugas Covid-19 Kota Semarang.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Semarang, Abdul Hakam mengatakan, saat ini, transmitter sudah diamankan oleh polisi dan tim gugus tugas Kota Semarang.

Dilansir https://mediaperformanceinstitute.com “Tadi sore sudah diamankan oleh gugus tugas Kota Semarang dan sudah dibawa ke rumah dinas untuk dilakukan isolasi,” jelasnya sabtu.

Berdasarkan pemeriksaan, dia memang sengaja menularkan Covid-19 kepada keluarganya. Sampai saat ini yang sudah diketahui positif Covid-19 yaitu suaminya dan dan anaknya.

“Iya saat ini suami dan anaknya juga sudah dilakukan isolasi,” ucapnya.

Menurutnya, apa yang dilakukan transmitter tersebut tidak wajar dan kemungkinan secara psikologis dia juga kurang. Namun, pihaknya akan melakukan pemeriksaan secara spikoligis untuk memastikan status transmitter tersebut.

“Motifnya secara psikologis kurang. Kita akan periksa dulu,” ujarnya.

Ia menambahkan, prinsipnya kasus yang ada di medsos sudah ditelusuri dan transmitter itu sudah diamankan. Untuk itu, warga Kota Semarang jangan terlalu takut. Kedepan pihaknya akan membuat pengumuman melalui media sosial agar tidak meresahkan masyarakat.

“Kita akan kasih himbauan kepada masyarakat melalui rilis,” imbuhnya.

Mayarakat semarang di minta tetap tenang dan patuhi protokol

Menurutnya, apa yang dilakukan pasien itu tidak wajar dan secara psikologis cukup membahayakan. Namun, Dinkes Semarang masih perlu melakukan pemeriksaan secara psikologis terkait kondisi pasien tersebut.

Hakam juga mengimbau kepada warga Kota Semarang untuk tidak perlu khawatir menanggapi informasi yang beredar di media sosial itu. Hal itu karena pasien atau transmitter sudah diamankan pihak berwenang.

Meski demikian, Hakam juga mengimbau warga Kota Semarang untuk terus disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Selain itu, warga juga diimbau tidak keluar rumah, kecuali untuk urusan mendesak guna menekan angka persebaran maupun penularan Covid-19.

Sementara itu, berdasar data situs web siagacorona.semarangkota.go.id per Minggu (20/9/2020) dini hari, kasus Covid-19 di Kota Semarang mencapai 7.253. Perinciannya, 369 orang dirawat, 6.159 orang sembuh, dan 725 orang meninggal dunia.

Kategori
Berkebun

5 Tips Sederhana Saat Berkebun Jadi Kegiatan yang Menyenangkan

5 Tips Sederhana Saat Berkebun Jadi Kegiatan yang Menyenangkan

5 Tips Sederhana Saat Berkebun Jadi Kegiatan yang Menyenangkan – Berkebun tidak selalu soal lahan yang besar dan luas. Pekarangan samping rumah dengan luas terbatas pun bisa banget kamu jadikan secret garden.

Dilansir dari https://worcestershiresoldier.org ada berbagai teknik yang bisa diterapkan untuk kamu yang memiliki pekarangan minimalis, seperti square foot garden, vertikultur, aeroponik, hidroponik atau tabulampot. Yuk simak..

1. Anggap sebagai hobi 

Sebuah hal yang wajar, bila kamu merasa ragu atau tidak percaya diri saat berkebun untuk pertama kali. Beberapa orang bisa saja langsung merasa nyaman saat melakukannya, tapi ada pula yang justru menganggapnya sebagai beban pekerjaan rumah.

Nah maka itu, lakukanlah dengan rasa senang dan sungguh-sungguh. Anggap ini merupakan hobi baru yang ingin kamu dalami, serta jangan paksakan dengan batas kemampuan yang dimiliki. Pilihlah metode yang sekiranya mudah bagi pemula.

2. Nikmati interaksi dengan alam

Ini penting banget loh! Seringkali kamu lupa untuk memahami dan menikmati aktivitas yang sedang dilakukan. Luangkan waktumu sepenuhnya dengan alam. Lihat sekelilingmu, tanaman bunga yang cantik ditemani dengan kicauan burung di pagi hari.

Semua momen ketika berkebun yang secara tidak sadar akan membuatmu semakin bersyukur dan bahagia. Dengan begitu, tingkat stres pun bisa lebih mudah untuk dikendalikan ya gaes.

3. Tinggalkan gadget kamu 

Terbiasa hidup dengan teknologi, membuat manusia semakin sulit untuk melepaskan benda kecil satu ini, yakni gadget. Terlalu banyak menerima pesan singkat, e-mail dan panggilan masuk, justru akan menghambat proses kamu untuk fokus saat berkebun.

Apalagi bagi para pemula, tentunya ada berbagai teknik menanam yang membutuhkan konsentrasi penuh agar dapat tumbuh dengan baik. Maka itu, tinggalkan dulu gadget kamu ya!

4. Ajak keluarga untuk berkebun bersama 

 

Kategori
Berkebun

5 Alasan Hobi Berkebun Sangat Bermanfaat Bagi Kehidupanmu

5 Alasan Hobi Berkebun Sangat Bermanfaat Bagi Kehidupanmu

5 Alasan Hobi Berkebun Sangat Bermanfaat Bagi Kehidupanmu – Mungkin sebagian dari kita sedang asik baring dengan gadget yang kita miliki. Sepertinya kamu harus mencari kegiatan yang lain deh, seperti bertanamatau berkebun.

Dilansir https://epl-int.com tahukah anda sebenarnya banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan dari berkebun. Apa saja itu? yuk simak..

1. Berdampak positif untuk kesehatan. 

Saat kamu berkebun, kamu akan melakukan berbagai kegiatan seperti memotong, merapikan pot, menanam, dan menyiram tanaman. Kegiatan berkebun akan membakar sekitar 280 hingga 380 kalori perjam. Jumlah kalori yang terbakar ini setara dengan jogging selama 30 menit. Bahkan kegiatan ini mampu membakar kalori lebih banyak daripada bersepeda.

2. Menurunkan tingkat stress. 

Berkebun juga bisa menurunkan tingkat stress seseorang setelah seharian lelah akan aktifitas sekolah atau kantor, luangkanlah sedikit waktu untuk berkebun. Kegiatan berkebun dapat menghilangkan rasa stress, depresi, dan frustasi akibat kerjaan sekolah atau kantor, termasuk juga putus cinta.

3. Berpikir lebih kreatif. 

Menikmati udara segar, jauh dari gadget dan berfokus pada kebun dapat membuatmu berpikir lebih kreatif. Tidak perlu jauh-jauh untuk mendaki gunung, berkebun juga dapat membantu kalian terhubung dengan alam. Sehingga memungkinkan kreativitas kamu mengalir bebas.

4. Rumah menjadi lebih sejuk. 

Keberadaan berbagai tumbuhan dirumah tentunya akan membuat rumah jadi lebih sejuk dan nyaman untuk ditinggali terutama untuk didaerah perkotaan yang memiliki tingkat polusi yang tinggi hal tersebut karena tumbuh-tumbuhan mengurangi polusi dengan menyerap emisi buang karbon dioksida.

5. Memperpanjang umur. 

Karena kesehatan yang stabil serta pikiran yang tenang, maka hal ini akan mempengaruhi usia kamu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang senang berkebun rata-rata memiliki jangka waktu hidup yang lebih lama dibandingkan dengan mereka yang tidak menyukai berkebun.

Bukan cuma 5 manfaat diatas, masih banyak manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari berkebun. Hasil berkebun dapat kamu masak setidaknya mengurangi biaya perbulan.

 

Kategori
Bisnis

Resep Ayam Goreng Enak untuk Memulai Bisnis Rumahan

Resep Ayam Goreng Enak untuk Memulai Bisnis Rumahan

Resep Ayam Goreng Enak untuk Memulai Bisnis Rumahan – Dari dulu Ayam goreng rasanya memang tak pernah salah ya. untuk lauk teman makan nasi. Variasi ayam goreng pun menarik untuk menjadi ide bisnis loh guys.

Dilansir https://cjoutback.com siapapun bisa menjual ayam goreng untuk menambah pundi-pundi uang di kala pandemi. Resep ayam goreng mudah dicoba di rumah, dengan bahan yang tak sulit didapat. Yuk simak..

1. Resep ayam goreng mentega

Bahan:
1 ekor ayam, potong 20 bagian
1 sdm air jeruk nipis
1 sdt garam
Minyak secukupnya untuk menggoreng dan menumis
2 sdm margarin untuk menumis
3 siung bawang putih, memarkan
2 cm jahe, iris
10 siung bawang merah, kupas, utuh
6 sdm saus tiram
5 sdm kecap manis
1/2 sdt garam
1 sdt merica bubuk
10 batang daun bawang kecil

Cara membuat:
1. Pertama-tama, cuci bersih ayam ya, Bunda. Setelah itu lumuri dengan air jeruk nipis serta garam. Diamkan sebentar. Kemudian cuci bersih kembali dan tiriskan.
2. Selanjutnya panaskan minyak dalam wajan. Masukkan ayam dan goreng hingga matang. Angkat dan tiriskan.
3. Setelah itu panaskan 6 sdm minyak sisa menggoreng tadi dengan margarin. Masukkan bawang putih, bawang merah, serta jahe. Tumis hingga harum.
4. Masukkan ayam goreng yang sudah dibuat tadi. Kemudian tambahkan saus tiram, kecap manis, garam, merica. Aduk rata ya, Bunda. Terakhir, tambahkan daun bawang dan aduk rata kembali. Angkat dan sajikan.

2. Resep ayam goreng lengkuas

Bahan:
2 ekor ayam, potong 8
100 gram lengkuas, parut
1 sdt gula pasir
1 sdt garam
1 sdt penyedap rasa
3 lembar daun salam
2 batang serai

Bumbu halus:
9 siung bawang merah
4 siung bawang putih
5 butir kemiri
1 sdm ketumbar
2 ruas kunyit, potong

Bahan sambal goreng:
6 siung bawang merah
4 siung bawang putih
Cabai rawit sesuai selera
Cabai keriting sesuai selera
1 buah tomat
2 buah jeruk limo
Terasi secukupnya
1 sdt garam
1 sdt gula pasir

Cara membuat:
1. Haluskan bumbu, dan tambahkan gula, garam, serta penyedap rasa.
2. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum, lalu masukkan daun salam, serai, lengkuas, dan ayam. Tambahkan 500 ml air.
3. Masak hingga air menyusut. Setelah menyusut, angkat dan diamkan selama 1 sampai 2 jam.
4. Panaskan minyak, lalu goreng ayam hingga berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
5. Lanjut buat sambal goreng, Bunda. Goreng bawang putih, bawang merah, cabai rawit, dan cabai keriting hingga layu, lalu masukkan tomat.
6. Uleg kasar semua bahan, lalu tambahkan gula, garam, dan terasi. Campur hingga rata.
7. Tumis selama 2 menit.
8. Angkat dan sajikan bersama ayam goreng.
9. Ayam goreng lengkuas buatan Bunda siap disantap.

3. Resep ayam goreng sambal kemangi

Bahan:
500 gr ayam kampung
8 siung bawang putih
1 ruas jahe
1 sdt ketumbar
Air
Minyak
10 buah cabai merah
3 siung bawang putih
5 siung bawang merah
5 buah cabai rawit
1 buah tomat
1 ikat daun kemangi
1 ruas lengkuas
1 lembar daun salam
Secukupnya garam
Secukupnya gula

Cara membuat:
1. Masukkan bawang putih, bubuk kemiri, garam, jahe, tambahkan air putih, lalu blender hingga halus.
2. Tuang bumbu halus ke teflon yang sudah berisi minyak secukupnya, lalu tumis. Jangan lupa tambahkan air secukupnya.
3. Tambahkan ayam kemudian rebus selama kurang lebih satu jam.
4. Sambil menunggu ayam, mulai buat sambal kemanginya. Masukkan cabai merah, cabai rawit, bawang putih, bawang merah, potongan tomat, beri air secukupnya, dan blender kasar.
5. Panaskan sedikit minyak, tumis sambal dari poin (4). Tambahkan sedikit lengkuas, daun salam, serta garam dan merica secukupnya.
6. Kembali ke ayam yang direbus, angkat dan tiriskan. Kemudian goreng hingga matang di minyak panas yang agak banyak. Angkat dan tiriskan.
7. Masukkan sambal yang tadi ditumis dari poin (5) ke cobek, ulek bersama daun kemangi.
8. Sajikan ayam di atas sambal lalu hias sesuai selera.

4. Resep ayam goreng sambal uo’

Bahan:
1 ekor ayam broiler (ukuran kecil)

Bumbu halus:
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
1 sdt lada butir
4 cm jahe
1/2 biji pala
4 cm lengkuas, parut
Garam secukupnya
Minyak untuk menggoreng

Bumbu sambal uo’:
6 buah cabai merah keriting
6 buah cabai rawit merah
1 buah tomat
1 sdt terasi bakar
Garam secukupnya
4 sdm minyak goreng
4 butir bawang merah, iris tipis

Cara membuat:
1. Bersihkan ayam, potong menjadi empat bagian. Remas ayam bersama bumbu halus, kemudian masak dengan api kecil sambil ditutup (ungkep) sampai ayam matang dan bumbu meresap. Angkat.
2. Panaskan minyak, goreng ayam ungkep sampai kecokelatan. Angkat dan sisihkan.
3. Sambal Uo’: kukus cabai dan tomat sampai matang. Angkat, uleg bersama terasi, dan garam. Sisihkan. Panaskan minyak goreng, tumis bawang merah iris sampai harum dan kecokelatan, angkat. Tuang bawang beserta minyak panas ke dalam sambal, aduk rata. Sajikan sambal bersama ayam goreng.

 

Kategori
Society

Warga di Jaktim Disuruh Masuk Peti Karena Tak Pakai Masker

Warga di Jaktim Disuruh Masuk Peti Karena Tak Pakai Masker

Warga di Jaktim Disuruh Masuk Peti Karena Tak Pakai Masker – Sebuah video yang memperlihatkan warga diminta masuk peti mati karena tidak memakai masker viral di media sosial. Peristiwa itu disebutkan terjadi di kawasan Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Dilansir https://planetpreset.com bukan tanpa alasan kenapa hukuman ini di berlakukan pemerintah agar ada efek jera dari masyarakat dan lebih perduli akan portokol.

1. Wakil Camat Pasar Rebo membenarkan kejadian tersebut 

Wakil Camat Pasar Rebo Santoso membenarkan kejadian tersebut. Santoso mengatakan, pihaknya memberikan hukuman denda senilai Rp250 ribu hingga sanksi kerja sosial.

Namun, kata Santoso, sejumlah warga ada yang diminta masuk ke dalam peti mati. Tujuannya agar pelanggar menyadari kesalahannya.

“Beberapa kita minta untuk merenung di lokasi peti mati, di mana tujuannya menyadarkan kita semua,” ucap Santoso, Jumat.

2. Ide berawal dari pasien COVID-19 yang meninggal 

Ide memasukkan pelanggar protokol penggunaan masker ini muncul dari pasien COVID-19 yang meninggal. Sebab, pasien COVID-19 yang meninggal akan dimasukkan ke dalam peti mati dan langsung dikubur dengan protokol kesehatan, tanpa bisa diantar keluarganya.

“Maka dari itu ada ide untuk menyadarkan kepada mereka semua, jika tidak tertib pada protokol, mereka akan berakhir di peti mati,” jelas Santoso.

3. Peti mati yang disediakan untuk merenung hanya satu 

Santoso mengatakan, pihaknya menyediakan satu peti mati untuk dipakai pelanggar protokol penggunaan masker. Di dalam peti, pelanggar diminta merenungkan perbuatannya.

“Tetapi juga punya peti mati lainnya sebagai simbol untuk mengingatkan orang yang melewati jalan ini,” jelas dia.

 

Kategori
Home

Tips Menata Rumah Minimalis Dua Lantai

Tips Menata Rumah Minimalis Dua Lantai, Dijamin Rumah Bikin Betah!

Tips Menata Rumah Minimalis Dua Lantai – Minimalis merupakan konsep yang tepat untuk rumah yang akan dibangun di lahan sempit. Rumah minimalis bisa dibangun menjadi 2 lantai dengan beberapa ruangan di dalamnya.

Sejak satu dekade belakangan ini, desain rumah minimalis dua lantai menjadi sangat populer dan diminati. Pertimbangan lahan yang semakin sempit menjadi salah satu penyebabnya. Di samping itu, harga tanah yang kian hari kian melambung juga turut membuat banyak orang memilih desain rumah minimalis dua lantai sebagai tempat tinggalnya.

Nah, jika kamu sedang mempertimbangkan untuk memilih desain rumah minimalis dua lantai, berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Apa aja sih? Yuk, simak artikel dari twohearts-camping.com!

Warna terang untuk dekorasi

Sentuhan warna terang seperti merah, kuning, oranye dan ungu dapat diberikan lewat aksen pada benda-benda pajangan seperti vas atau karya seni agar ruangan tidak terkesan terlalu kaku atau monoton. Pada ruangan berwarna abu-abu misalnya, kamu dapat menambahkan vas bunga berwarna biru cerah atau ungu agar ruangan tersebut tidak terkesan suram dan membosankan. Kamu juga dapat bermain warna diaksesoris ruangan seperti pada sarung bantal sofa misalnya.

Tambahkan jendela

Selain sarana untuk sirkulasi udara, jendela juga dapat menciptakan efek ruang yang lebih luas dan terbuka. Pastikan desain jendelanya juga sejalan dengan konsep minimalis yang hanya menerapkan garis lurus dan menghindari terlalu banyak lekukan dan ukiran. Pilihan jendela yang tepat pastinya akan membuat rumah tampak lebih luas. Selain itu, sirkulasi udara di rumahmu pun akan lebih lancar sehingga rumah akan terasa lebih nyaman.

Furnitur yang simetris

Untuk menampilkan rumah minimalis dua lantai yang modern, kamu dapat memilih furnitur yang simetris untuk rumahmu. Selain itu, bentuk simetris juga dapat kamu terapkan pada dekorasi rumah. Pastinya selain membuat ruang terlihat lebih rapi, dekorasi yang simetris akan membuat rumah terlihat lebih lega. Hal itu sekaligus tentu akan lebih menentramkan mata.

Mendesain Tempat Tinggal yang Memiliki Banyak Elemen Dengan Tatanan Simpel

Pencahayaan rumah

Pastikan kamu hanya menggunakan pencahayaan berkualitas bagus bagi rumah minimalis dua lantaimu. Pasalnya, pencahayaan akan sangat memengaruhi kesan dan atmosfir dari keseluruhan rumah. Penggunaan warna yang tepat untuk dinding dan lampu juga memegang peranan penting untuk memantulkan cahaya yang diperoleh. Itulah mengapa desain rumah minimalis lebih umum menggunakan warna hitam, putih, dan abu-abu untuk dinding serta furniturnya.

Pilih perangkat teknologi

Mengingat desain rumah minimalis telah menjadi pilihan dari banyak orang masa kini dan telah menjadi sebuah gaya hidup modern, karena itu tidak ada salahnya menambahkan perangkat teknologi fungsional sebagai bagian dari desain rumah minimalis. Penambahan perangkat entertaimen seperti ruang menonton film atau karaoke di lantai dua adalah pilihan cerdas untuk hiburan seluruh penghuni rumah. Pastikan model rak yang kamu pilih adalah model yang simpel untuk menojolkan kesan minimalis.

Terapkan kesederhanaan bentuk

Desain rumah minimalis menekankan pada tampilan yang bersih dan sederhana, karena atribut yang malang-melintang dengan bentuk yang rumit pada sebuah ruangan dapat menimbulkan visual distraction. Hal tersebut membuat apapun yang berada dalam lingkup pandangan kamu akan menarik perhatian otak meski sedikit. Menerapkan kesederhanaan bentuk mulai dari tangga, jendela, hingga pintu dapat mengurangi tekanan pada otak atau dengan kata lain bisa mengurangi stres.

Bersihkan rumah dengan seksama

Bayangkan ketika kamu memiliki rumah minimalis dua lantai dengan desain yang cantik, namun rumahmu tidak bersih? Sayang sekali bukan. Padahal membersihkan rumah minimalis akan lebih mudah daripada rumah dengan desain lain, karena rumah minimalis tidak memiliki banyak lekukan atau ukiran yang sulit dijangkau. Kamu hanya perlu menggunakan lap sederhana atau sapu biasa tanpa harus memperhatikan detil dan lekukan di sana-sini sehingga membersihkan rumah minimalis tidak memakan banyak waktu dan tenaga.

Nah gimana? Sudah menemukan desain rumah minimalis seperti apa yang akan kamu pilih untuk rumah dua lantaimu? Semoga kamu mendapatkan inspirasi setelah membaca artikel ini ya. Selamat mencoba!

Kategori
Home

Tips Cerdas Kredit Rumah 

Harga Rumah Naik Terus, Ini Tips Cerdas Kredit Rumah

Tips Cerdas Kredit Rumah – Tempat tinggal merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus tercukupi. Namun, harga properti yang terus naik menyulitkan masyarakat untuk membeli rumah.

Memiliki rumah selalu jadi dambaan setiap orang. Tapi harga properti yang cukup mahal dan terus naik dari tahun ke tahun, menyulitkan kita untuk bisa punya rumah sendiri.

Riset webingmedia.com terhadap data yang dipublikasikan Badan Pusat Statistik (BPS) dan Bank Indonesia (BI) menunjukkan, tidak menutup kemungkinan pada masa mendatang, jumlah penduduk yang tak memiliki rumah akan bertambah banyak.

Hal ini karena secara rata-rata persentase kenaikan gaji pegawai tiap tahunnya lebih tinggi dari persentase kenaikan harga rumah, namun nilai rumah juga berkali-kali lipat ketimbang gaji bulanan pegawai.

Terhitung sejak 2017 hingga 2020, kenaikan upah gaji bersih pegawai di Indonesia secara rata-rata mencapai 4,53 persen. Sementara, kenaikan Indeks Harga Properti (IHPR) juga terus mengalami pertumbuhan setiap tahunnya dengan rata-rata nilai 3,22 persen.

Kredit Pemilikan Rumah (KPR) mungkin bisa menjadi solusi untuk kamu mendapatkan rumah. Berikut ini tips dari Lifepal membeli rumah lewat KPR:

Stop berutang jika gak punya dana darurat

Amankan dulu dana darurat kamu. Ketersediaan dana darurat yang ideal adalah tiga hingga enam kali pengeluaran bulanan.

Semakin banyak tanggungan kita atau semakin tinggi risiko pekerjaan kita, maka semakin besar pula kebutuhan dana darurat kita.

Pastikan cicilan rumah per bulan tak melebihi 35 persen penghasilan

Bank atau lembaga pemberi kredit mungkin saja menyetujui pengajuan KPR dengan nominal cicilan 50 persen dari penghasilan bulanan. Akan tetapi cicilan rumah yang ideal maksimal adalah 35 persen dari penghasilan kamu.

Kok begitu? Alasannya adalah agar kamu tidak perlu mengurangi pengeluaran yang terkait kebutuhan pokok sehari-hari, asuransi, maupun investasi untuk dialokasikan ke dalam cicilan.

Jumlah Penduduk Yang Tidak Memiliki Rumah Akan Bertambah Banyak

Jangan terburu-buru mempercepat pelunasan

Kalau kamu berniat mengajukan KPR di bank konvensional, ketahuilah bahwa akan ada biaya penalti pelunasan dipercepat yang akan muncul. Lain halnya dengan KPR syariah.

Melunasi cicilan utang pada awal waktu bukan hanya memaksa kamu keluar uang lebih banyak. Melainkan juga bisa membuat kamu kekurangan likuiditas atau aset lancar.

Kamu harus tahu bahwa dalam kesehatan finansial, jumlah aset lancar yang ideal adalah 15 hingga 20 persen dari total kekayaan bersih.

Keberadaan rumah baru tentu saja akan menambah nilai aset kamu, yang mana akan memengaruhi nilai kekayaan bersih. Semakin tinggi kekayaan bersih kamu, maka semakin besar pula aset lancar yang harus dimiliki.

Kamu dan keluarga harus tetap terlindungi

Risiko kematian bisa menimpa siapa saja, termasuk kamu yang tengah mencicil rumah. Tentu tidak bijak kalau kamu malah mewariskan utang pada keluarga tercinta. Oleh karena itu, kalau kamu punya utang, pastikan terlindungi dengan asuransi jiwa.

Setiap KPR umumnya dilengkapi dengan iuran asuransi jiwa guna memitigasi risiko meninggalnya debitur. Namun apa jadinya, jika kamu tak hanya memiliki utang KPR, melainkan juga ada utang cicilan mobil, kartu kredit, dan lain sebagainya.

Manfaat dari asuransi jiwa sejatinya tidak hanya berguna untuk melunasi warisan utang dari debitur. Melainkan juga bisa bermanfaat untuk biaya hidup keluarga yang ditinggal.

Pilihlah asuransi dengan uang pertanggungan yang bisa menutup plafon kredit kamu. Atau pilih yang memberikan uang pertanggungan setidaknya dua kali dari total utang tertunggak yang kita miliki.

Kategori
Pertanian

Pupuk Indonesia Kembangkan Program Agro Solution

Sejahterakan Petani, Pupuk Indonesia Kembangkan Program Agro Solution

Pupuk Indonesia Kembangkan Program Agro Solution – Pupuk Indonesia tengah mengembangkan sejumlah program agro-solution. Melalui sinergi BUMN maupun swasta untuk membantu petani memenuhi kebutuhan pertaniannya.

Direktur Utama Pupuk Indonesia, Achmad Bakir Pasaman, mengatakan bahwa Pupuk Indonesia Grup tengah mengembangkan sejumlah program agro solution untuk membantu petani memenuhi kebutuhan pertanian sehingga mendorong peningkatan hasil panen serta membantu meningkatkan pendapatannya.

Melalui sinergi dengan BUMN maupun swasta, program agro solution yang dikembangkan PT Pupuk Indonesia (Persero) diharapkan mampu meningkatkan produktivitas hasil panen serta meningkatkan kesejahteraan petani.

Turut hadir dalam kegiatan di Subang tersebut ialah Direktur Utama Pupuk Kujang Maryadi dan Direktur Utama PT Sang Hyang Seri (Persero) Karyawan Gunarso.

Petani mendapatkan pasokan pupuk nonsubsidi untuk program agro solution di Jember dan Banyuwangi

Dilansir geneannsyarns.com petani-petani tersebut mendapatkan pembinaan dan kawalan teknis, serta pasokan pupuk nonsubsidi yang disesuaikan dengan kondisi lahannya.

“Mereka juga kami kawal untuk mendapatkan bantuan permodalan KUR dari perbankan, serta memperoleh asuransi pertanian,” tambah Bakir.

Program tersebut juga dimanfaatkan untuk uji coba teknologi i-Farm, yaitu aplikasi yang dikembangkan Pupuk Kaltim untuk memantau aktivitas dan kemajuan para petani binaan di daerah tersebut.

“Tentunya juga kami bersinergi dengan pemerintah daerah dan petugas PPL untuk membina petani, termasuk juga pihak swasta,” jelasnya.

Luas Sawah Minimal 100.000 Hektar

Konsep agro solution juga tengah dikembangkan di sejumlah desa di Jember dan Banyuwangi

Keterlibatan Pupuk Indonesia Grup antara lain dalam hal analisis uji tanah, pengawalan teknis, serta penyediaan pupuk.

Selain kerja sama corporate farming di Sukamandi, Pupuk Indonesia Grup melalui PT Pupuk Kaltim juga tengah mengembangkan konsep agro solution di sejumlah desa di Jember dan Banyuwangi dengan masing-masing areal lahan seluas 10 ha.

Program agro solution diharapkan produktivitas pertanian bisa meningkat di atas rata-rata

Bakir berharap melalui program agro solution produktivitas pertanian bisa meningkat di atas rata-rata. Dengan hasil panen yang melimpah, diharapkan pendapatan petani binaan bisa meningkat. Sehingga mendorong kesejahteraan mereka dan menghilangkan ketergantungan terhadap tengkulak dan pengijon.

Pupuk Indonesia saat ini tengah menjalankan program transformasi untuk memperluas bisnis perusahaan menjadi penyedia produk nutrisi tanaman dan solusi pertanian.

Kategori
Berkebun

Komisaris Petrokimia Gresik

Anak Menteri Pertanian Jadi Komisaris Petrokimia Gresik

Komisaris Petrokimia Gresik – Sekadar diketahui, perempuan yang akrab dipanggil Thita ini sebelumnya menjadi anggota Komisi IV DPR RI yang membidangi pertanian.

Anak Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, Indira Chunda Tita, diangkat sebagai komisaris independen di anak usaha BUMN industri pupuk yakni PT Petrokimia Gresik.

Hal itu disahkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Petrokimia Gresik  yang merupakan bagian dari holding pupuk, PT Pupuk Indonesia, pada 25 Agustus 2020 lalu.

Lulusan Universitas Hasanuddin

Dikutip dari laman stpauljaycees.org, Indira saat ini berusia 41 tahun. Lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin Makassar tahun 2003.

Dia juga menyelesaikan pendidikan Pasca Sarjana (S-2) di universitas yang sama tahun 2007. Dia menjabat sebagai komisaris independen PT Petrokimia Gresik sejak 25 Agustus lalu.

Keluarga Thita banyak yang jadi politisi. Sebut saja pamannya, yakni Irman Yasin Limpo, yang kini mengikuti Pilkada Makassar sebagai calon wali kota dengan menggandeng anak Nurdin Halid, Zunnun Halid.

Selain itu, mendiang pamannya yang lain lagi, yakni Ichsan Yasin Limpo, juga pernah berada di bupati Gowa, Sulsel, 2 periode. Kini, setelah Ichsan, tongkat estafet diberikan kepada sepupu Thita yang juga anak Ichsan, Adnan Purichta.

Bukan hanya itu saja. Tante dari Thita atau adik dari Syahrul, Dewie Yasin Limpo, pernah juga mencatatkan namanya sebagai anggota DPR RI Komisi VII lewat partai Hanura. Belakangan, ia ditangkap karena menerima suap terkait pengadaan anggaran untuk pembangkit listrik di Kabupaten Deiyai, Papua.

Keluarga Thita Banyak yang Menjadi Politisi

Indira merupakan kader Partai Nasdem

Sama halnya dengan sang ayah, Indira merupakan kader Partai Nasional Demokrat (Nasdem).

Pada Januari lalu, dia dilantik sebagai Ketua Umum DPP Garda Wanita (Garnita) Malahayati Nasdem masa bakti 2019-2024

Indira pernah menjadi anggota dewan yang dalam Pemilu Legislatif 2014 mewakili Sulawesi Selatan. Dia kemudian duduk di Komisi IV DPR RI. Tugasnya meliputi bidang pertanian, perkebunan, kehutanan, kelautan, dan pangan.

Susunan direksi dan komisaris PT Petrokimia Gresik saat ini

Setelah dilakukan perombakan, berikut susunan pengurus Perseroan PT Petrokimia Gresik saat ini:

Dewan Komisaris

T. Nugroho Purwanto, Komisaris Utama

Mahmud Nurwindu, Komisaris Independen

Achmad Sigit Dwiwahjono, Komisaris

Yoke C. Katon, Komisaris

Heriyono Harsoyo, Komisaris

Indira Chunda Thita, Komisaris Independen

Dewan Direksi

Dwi Satriyo Annurogo, Direktur Utama

Digna Jatiningsih, Direktur Operasi dan Produksi

Dwi Ary Purnomo, Direktur Keuangan dan Umum

Kategori
Society

Kisah Penggali Kubur Melawan Rasa Takut Terhadap Corona

Kisah Penggali Kubur Melawan Rasa Takut Terhadap Corona

Kisah Penggali Kubur Melawan Rasa Takut Terhadap Corona – Virus Corona semakin mewabah di Indonesia. Hingga detik ini sudah lebih dari 26.473 orang terinfeksi dengan total kematian hingga mencapai 1613 orang lebih.

Banyaknya kasus ini membuat para garda terdepan penanganan Covid-19 dibuat sibuk, mulai dari para tim medis, petugas keamanan, relawan dan lainnya.

Tidak terkecuali untuk garda terakhir Covid-19 yaitu para petugas pemakaman khusus untuk korban Covid-19 di TPU Pondok Ranggon.

Tidak tanggung-tanggung, setiap harinya mereka bisa mengurus hingga 20 pemakaman para korban Covid-19.

Muhidir (35) salah satu petugas pemakaman bercerita bahwa dia dan timnya bisa mengurus hingga 37 pemakaman Covid 19 setiap harinya dibulan ke 2 pandemi ini berlangsung. Kesibukkan ini membuat mereka harus tetap berjaga di TPU hingga pukul 10.00 malam.

Selain itu, dia juga bercerita bahwa mereka tidak bisa pulang kerumah dan harus tidur di musholla TPU hingga seminggu karena kekhawatiran mereka terhadap keluarga dirumah.

“Iya mas, dulu kita sempet tidur di musholla bisa semingguan gak pulang. Karena kuta juga khawatir sama keluarga, apalagi pas diawal kan penanganan virus ini masih simpang siur.

Tapi sekarang alhamdulillah bisa pulang, tapi tetep disini kita mandi bersih-bersih dulu, terus pas sampai rumah kita langsung mandi lagi pakai air panas. Biar yakin udah aman pas ketemu anak istri.” Ujar Muhidir (35).

Khawatir akan terpapar virus corona

“Rasa kawatir dan rasa takutnya itu muncul lagi setelah ramai virus Corona dan saya juga selalu dilibatkan saat membantu proses pemakaman jenazahnya tapi untungnya saya di kasi APD sehingga rasa takut itu berkurang,” kisahnya.

Berbeda dengan Walhi yang juga salah satu tukang gali kubur di TPU Karang Joang tersebut.

Walhi juga mengaku sempat khawatir dan takut namun lantaran keseringan di paksa sehingga rasa takut itu juga perlahan menghilang.

“Kalau takut pasti ada ya, tapi namanya sudah tugas dan perintah dari pimpinan kita ya kita harus kita lakukan karena ini tanggung jawab saya. Jadi dipaksakan saja walaupun sebenarnya masih ada rasa takut itu,” katanya.

Lebih lanjut ia menuturkan, dirinya dan kawan-kawannya sudah menyiapkan lubang kuburan cadangan untuk mengantisipasi adanya jenazah yang dimakamkan secara dadakan dan dimalam hari.